PENERAPAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING PADA APLIKASI CHATBOT UNTUK LAYANAN KELUHAN PELANGGAN DI PT MEDIA ANDALAN NUSA

Purwanto, Purwanto (2019) PENERAPAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING PADA APLIKASI CHATBOT UNTUK LAYANAN KELUHAN PELANGGAN DI PT MEDIA ANDALAN NUSA. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis, setiap perusahaan dituntut untuk menerapkan strategi jitu untuk melayani semua konsumen dengan pelayanan yang cepat, terutama dalam masalah pengaduan atau keluhan pelanggan untuk semua layanan di perusahaan. PT Media Andalan Nusa sebagai salah satu penyedia jasa internet (ISP) di Indonesia mengedepankan pelayanan pelanggan untuk menangani setiap masalah yang dikeluhkan dari pelanggan itu sendiri. Sistem layanan keluhan pelanggan menjadi hal yang wajib dimiliki oleh perusahaan penyedia layanan internet. Dari masalah tersebut diatas maka PT Media Andalan Nusa mengembangkan layanan keluhan pelanggan dengan menerapkan metode Natural Language Processing pada aplikasi chatbot. Dengan dibuatkannya sistem keluhan pelanggan berbasis chatbot ini, harapan-nya perusahaan akan menghemat banyak anggaran karena masih banyaknya Sumber Daya Manusia di bagian Customer Service. Dengan sistem ini perusahaan juga diharapkan dapat menangani banyak komplain yang diajukan pelanggan dalam jumlah yang sangat banyak dan bersamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Technology > Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:51
Last Modified: 29 Sep 2022 01:51
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/1098

Actions (login required)

View Item View Item