PENERIMAAN AUDIENS PROGRAM TAYANGAN REALITY SHOW DI TELEVISI (Studi analisis resepsi komunikasi pada masyarakat Rt 010 Rw 004 Jelambar Baru di tayangan reality show “KARMA” di ANTV)

Febriyana, Zsaura Diamanta (2018) PENERIMAAN AUDIENS PROGRAM TAYANGAN REALITY SHOW DI TELEVISI (Studi analisis resepsi komunikasi pada masyarakat Rt 010 Rw 004 Jelambar Baru di tayangan reality show “KARMA” di ANTV). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulis melihat bahwa dalam tayangan reality show “Karma” terdapat adanya kontradiksi masyarakat. Bahkan masyarakat sampai memprotes tayangan tersebut kepada laman website KPI (Komisi Penyiaran Indonesia). Namun dengan berbagai masalah yang timbul tayangan reality show Karma mendapatkan rating tinggi yang cukup signifikan disbanding reality show lainnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori encoding-decoding yang ditemukan oleh Stuart Hall tentang bagaimana khalayak memproduksi sebuah pesan dari suatu teks media, landasan konseptual yang digunakan komunikasi massa, televisi sebagai saluran media massa, kemasan pesan televisi, audiens, tayangan reality show, tayangan msitik. Pada pembahasan metodologi penelitian penulis melakukan penelitian di masyarakat RT 010 RW 04 Jelambar Baru. Desain dalam penelitian ini menggunakan paradigma post positivistik. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, metode penelitian menggunakan metode analisis resepsi, sifat penelitian ini bersifat deskriptif. Pada pembahasan penulis mendapatkan penerimaan tayangan reality show “Karma” kelima informan yaitu penerimaan negoisasi. Dimana informan menerima pandangan dominan yang bersifat umum dalam penerimaan yang disajikan tayangan reality show, namun mereka akan melakukan beberapa pengecualian dalam penerapannya. Kesimpulan dalam penelitian reality show “Karma” belum berhasil menghegemoni audiensmelalui isi cerita yang disajikan tayangan “Karma”. Namun acara yang dapat dijadikan sebagai pemicu atau mengingatkan orang agar berhati – hati dalam bertindak khususnya dalam kehidupan menyimpang. Reality show sebagai batas hiburan yang berisi gimmick untuk menarik audiens

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Technology > Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 31 Oct 2022 11:00
Last Modified: 31 Oct 2022 11:00
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/1286

Actions (login required)

View Item View Item