IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS UNTUK MENGELOMPOKKAN DATA PENJUALAN MOBIL DI PT. HONDA ARISTA MANGGA DUA

Achray, Aditya Agusti (2020) IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS UNTUK MENGELOMPOKKAN DATA PENJUALAN MOBIL DI PT. HONDA ARISTA MANGGA DUA. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (3MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (3MB)

Abstract

PT. Honda Arista Mangga Dua merupakan dealer mobil resmi yang diirikan pada tahun 2003 dan menjadi salah satu dealer yang sukses berkembang dikawasan Jakarta Utara. Penentuan jumlah stok mobil berdasarkan laporan hasil penjualan tahunan. Stok yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan penjualan dealer tersebut. Agar dealer tersebut dapat bertahan, maka kemampuan penjualan harus dipertahankan atau bahkan ditingkatkan agar stok yang diberikan tidak berkurang. Pada penelitian ini dilakukan dengan penggunaan algoritma K-Means dengan harapan dapat membantu pihak dealer menentukan strategi promosi yang tepat agar penjualan meningkat dan tersedianya stok varian mobil yang cukup di gudang sesuai dengan minat pembeli. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan prototype sistem untuk mendapatkan type mobil honda yang paling diminati, diminati dan kurang diminati. Berdasarkan pengelompokan dari beberapa atribut yaitu: cc dan harga dengan menggunakan metode algoritma k-means maka digunakan 3 kelompok yang terdiri dari C1, C2, dan C3. Dari hasil pengelompokan maka dapat di peroleh C1 terdapat 4 type mobil dimana dikategorikan paling diminati, C2 terdapat 11 type mobil dimana dikategorikan diminati, dan C3 terdapat 4 type mobil dimana dikategorikan kurang diminati dari 19 data yang digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: System Information
Divisions: Fakultas Teknik > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 09 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Nov 2022 06:07
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/1347

Actions (login required)

View Item View Item