Mariana, Ana (2019) ANALISIS MONDAY EFFECT DAN WEEK FOUR EFFECT PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA SEKTOR MANUFAKTUR SUBSEKTOR FOOD & BEVERAGES (PERIODE JANUARI 2017- DESEMBER 2018). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.
Text
abstrak.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat fenomena Monday Effect dan Week Four Effect pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Monday Effect menyatakan bahwa return hari Senin adalah return terendah dibanding dengan return hari lainnya dalam sepekan. Sedangkan, Week Four Effect menyatakan bahwa Monday Effect hanya terjadi pada minggu keempat dan kelima setiap bulannya, return hari Senin di minggu pertama sampai ketiga dianggap tidak signifikan atau sama dengan nol. Pemilihan sampel menggunakan metode Purposive Sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 11 (sebelas) perusahaan yang termasuk pada subsektor Food & Beverages periode Januari 2017 – Desember 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis normalitas data dan pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji beda Wilcoxon’s Signed Ranks Test. Dari pengujian tersebut menunjukkan bahwa fenomena Monday Effect tidak ditemukan, dimana return saham terendah terjadi pada hari Jum’at dan return saham tertinggi terjadi pada hari Kamis. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak ditemukan fenomena Week Four Effect di Bursa Efek Indonesia, dimana hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Monday Effect terjadi pada Senin minggu pertama dan Senin minggu kelima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Management > Financial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1) |
Depositing User: | Tn Andrian Prayudho |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 06:34 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 06:34 |
URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/1659 |
Actions (login required)
View Item |