Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

Makna Pesan Yang Terkandung Pada Window Display Brand Et Cetera Dalam Menarik Kunjungan Konsumen Melalui Visual Merchandising (Analisis Semiotik Charles Sanders Pierce)

SARENDY, ACHMAD (2017) Makna Pesan Yang Terkandung Pada Window Display Brand Et Cetera Dalam Menarik Kunjungan Konsumen Melalui Visual Merchandising (Analisis Semiotik Charles Sanders Pierce). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
achmad sarendy.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Pertumbuhan pasar retail (toko) di Indonesia menunjukkan trend yang posistif. Sejalan dengan perkembangan waktu dan perubahan gaya hidup masyarakat yang berpengaruh pada pola belanja, kegiatan bisnis retail (toko) atau bisnis eceran modern di Indonesia terus berkembang pesat. Berkembangnya industri ritel (toko) pada saat ini membuat para konsumen dihadapkan pada begitu banyaknya pilihan produk yang sejenis sehingga para peritail harus dapat menciptakan pendekatan yang bisa dilakukan melalui penerapan melalui makna pesan yang terkandung pada window display (jendela toko) yang dilakukan oleh visual merchandiser (orang yang melakukan penataan pada produk dagang) yang unik untuk memberikan diferensiasi terhadap produknya dan menimbulkan kunjungan dari para konsumen. Penelitian yang dilakukan oleh penulis terhadap makna pesan pada window display brand et cetera telah memberikan suatu penjelasan dan gambaran yang cukup jelas untuk nantinya dikaji lagi dengan menggunakan analisa semiotika Charles Sanders Pierce, dalam hal ini penulis tidak hanya memposisikan diri sebagai user, namun juga berperan secara aktif dalam menginterpretasikan setiap makna pesan yang terkandung pada window display brand et cetera yang penulis catat sebagai tanda-tanda yang mengandung unsur makna. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif karena penulis ingin menjelaskan secara mendalam mengenai makna pesan yang terkandung pada window display brand et cetera yang dilakukan oleh Visual Merchandising dalam mengkomunikasikan barang atau jasa retail (toko) melalui tanda petunjuk (signed) yang terdapat dipusat perbelanjaan (mall) dalam menarik kunjungan konsumen. penelitian ini, penulis akan menggunakan metode analisis semiotika khususnya Semiotika Charles Sanders Pierce. Penulis menggunakan metode ini karena viiiix Semiotika Pierce menekankan pada 3 unsur yaitu sign, object dan interpretant yang sesuai dengan apa yang ingin diteliti oleh peneliti. Teori Segitiga makna (Triangle of Meaning) adalah sebuah teori yang mengupas tentang bagaimana makna muncul dari sebuah tanda ketika tanda tersebut digunakan untuk berkomunkasi. Karena penulis ingin mendeskripsikan secara mendalam mengenai makna pesan yang terkandung pada window display brand et cetera yang dilakukan oleh visual merchandiser dalam mengkomunikasikan barang atau jasa ritail (toko) yang terdapat dipusat perbelanjaan (mall) dalam menarik kunjungan konsumen dari hasil sebuah proses penalaran. Analisis dengan segitiga makna Charles Sanders Pierce terhadap berbagai tanda-tanda yang telah diidentifikasi sebelumnya, penulis dapat mengambil sebuah kesimpulan umum dari tanda-tanda tersebut yang mencakup keseluruhan bagian potongan–potongan elemen pada window display yaitu makna pesan yang terkandung pada window display mencoba menyampaikan pesan dengan menvisualisasikan visi misi perusahaan maupun produk yang di tawarkan ke dalam suatu bentuk konsep visual yaitu window display yang terdapat di brand et cetera dalam menarik kunjungan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Sciences > Social Sciences (General)
Social Sciences > Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn perpus usni
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:21
Last Modified: 27 Sep 2022 03:21
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/19

Actions (login required)

View Item View Item