Penanaman Pesan Simbolik Pada Anak Difabel (Interaksi Simbolik Dalam Komunikasi Interpersonal Pada Anak Tunagrahita Di SLB Negeri 6 Jakarta)

Shela, Puppe Frami (2019) Penanaman Pesan Simbolik Pada Anak Difabel (Interaksi Simbolik Dalam Komunikasi Interpersonal Pada Anak Tunagrahita Di SLB Negeri 6 Jakarta). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
Skripsi Puppe Frami Shela_abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Puppe Frami Shela_BAB I.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Sebagai makhluk sosial, manusia dituntut untuk dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya sehingga bisa menjalin hubungan dengan orang lain dalam kehidupan. Anak tunagrahita yang memiliki kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain membuat interaksi anak tunagrahita ini menjadi terhambat. Dari kesulitan berkomunikasi ini membuat anak tunagrahita ini cenderung dijauhi oleh sekitarnya. Untuk kata-kata yang bersifat abstrak mereka mengalami kesulitan dalam memahami. Dari semua kesulitan tersebut menjadi suatu masalah yaitu pertukaran pesan dan penyampaian yang tidak berjalan dengan baik. Kesulitan dalam memahami kata-kata menjadikan adanya kesalahan dalam proses penyampaian pesan. Penelitian ni menggunakan teori Interaksi Simbolik untuk mengetahui intreaksi yang terjadi antara guru dengan anak tunagrahita dan anak tunagrahita dengan sesamanya. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui untuk mengetahui bentuk komunikasi yang dilakukan oleh guru kepada anak tunagrahita dan untuk mengetahui proses interaksi yang dibangun dalam membentuk interaksi baru di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara berstruktur dan observasi non participant.. Hasil penelitian ini membahas mengenai bentuk komunikasi yang dilakukan guru terhadap anak tuangrahita dan proses interaksi yang dibangun dalam membentuk interaksi baru di lingkungan anak tuangrahita baik dengan guru atau orang normal dan anak tunagrahita dengan sesamanya secara verbal maupun non verbal Melalui data yang diperoleh secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa bentuk komunikasi dan proses interaksi yang dibangun di lingkungan sekolah menggunakan bentuk komunikasi dua arah dan proses interaksi yang sudah cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Sciences > Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Nn Nilam Cahya
Date Deposited: 20 Jan 2023 06:51
Last Modified: 20 Jan 2023 06:51
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/2211

Actions (login required)

View Item View Item