PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEMAIN GAME ONLINE (Etnometodologi Pada Pecandu Game Online Mobile Legends Dikalangan Mahasiswa FISIP Universitas Satya Negara Indonesia Angkatan 2016)

Putra, Rahmat Hidayat Eka (2019) PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEMAIN GAME ONLINE (Etnometodologi Pada Pecandu Game Online Mobile Legends Dikalangan Mahasiswa FISIP Universitas Satya Negara Indonesia Angkatan 2016). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
Skripsi Rahmat Hidayat Eka Putra_abstrak.pdf

Download (514kB)
[img] Text
Skripsi Rahmat Hidayat Eka Putra_BAB I.pdf

Download (590kB)

Abstract

Mobile Legends adalah salah satu permainan MOBA (Mutiplayer Online Battle Arena) yang dimainkan oleh jutaan pengguna diseluruh dunia. Skala permainan yang luas inilah yang melahirkan komunitas game online. Masyarakat banyak menghabiskan waktu untuk bermain game tersebut hingga 10 jam dalam sehari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaksi pecandu game online Mobile Legends didalam dunia virtual (online) dan diluar dunia virtual (offline). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Etnometodologi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Interaksi Simbolik dan teori Computer Mediated Communication Subyek penelitian ini adalah individu yang bermain game online Mobile Legends ditingkat perguruan tinggi yang memiliki perbedaan kecanduan dan keahlian bermain, Sedangkan obyek penelitiannya adalah pemain-pemain game online Mobile Legends yang mana aplikasi dari game Mobile Legends merupakan aplikasi wajib yang ada di handphone-nya. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa game online Mobile Legends merupakan permainan yang seru dan cukup menantang, namun Mobile Legends memiliki output yang negatif atau phobbing atau ketagihan. Selama bermain Mobile Legends interaksi yang terjadi lebih banyak didalam dunia game dibandingkan dalam dunia nyata atau kehidupan sehari-hari. Pemain memaknai sebuah game Mobile Legends sebagai bagian dalam hidupnya yang mana dapat dilihat dari intensitas waktu bermain yang mencapai 10 jam dalam sehari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Sciences > Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Nn Nilam Cahya
Date Deposited: 20 Jan 2023 06:59
Last Modified: 20 Jan 2023 06:59
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/2214

Actions (login required)

View Item View Item