PELAYANAN CUSTOMER SERVICE DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS NASABAH (Deskriptif Pada PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. Kantor Cabang Jakarta Radio Dalam)

Erlangga, Muhamad Hary (2017) PELAYANAN CUSTOMER SERVICE DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS NASABAH (Deskriptif Pada PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. Kantor Cabang Jakarta Radio Dalam). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena permasalahan yang sering dialami oleh nasabah, diantaranya yaitu terkendalanya jaringan pada sistem di Bank BRI sehingga mengganggu proses jalannya pelayanan dan berkurangnya saldo nasabah tanpa adanya komunikasi dari pihak Bank BRI. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan oleh customer service untuk menjaga loyalitas nasabah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelayanan customer service dalam mempertahankan loyalitas nasabah. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu Teori Reduksi Ketidakpastian (Budyatna: 2015) dan Model Komunikasi Antarpribadi (Effendy: 2009), Landasan konsep penelitian ini terdiri dari: komunikasi, komunikasi antarpribadi, pelayanan, cutomer service, loyalitas nasabah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan paradigma penelitian konstruktivisme. Dengan subyek penelitian satu key informant dan tiga informant. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Teknis analisis data menggunakan teknik analisis proses analisis data ini terdiri dari tiga sub proses yang saling berkaitan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer service Bank BRI Cabang Radio Dalam memiliki standar pelayanan dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Standar pelayanan tersebut, yaitu bertanggung jawab kepada setiap nasabah, mampu berkomunikasi, memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik, serta berusaha memahami kebutuhan nasabah. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah customer service harus meningkatkan kualitas pelayanan dengan cara menerapkan empat konsep standar pelayanan customer service Bank BRI secara maksimal agar nasabah dapat lebih nyaman dan puas sehingga menjadi loyal terhadap Bank BRI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Sciences > Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 27 Jan 2023 01:59
Last Modified: 27 Jan 2023 01:59
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/2286

Actions (login required)

View Item View Item