ANALISA SEMIOSIS IKLAN PRODUK LOIS JEANS DAN LEVI’S (Analisa Semiotika Charles S anders Peierce)

Widianingsih, Cindia (2018) ANALISA SEMIOSIS IKLAN PRODUK LOIS JEANS DAN LEVI’S (Analisa Semiotika Charles S anders Peierce). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Periklanan merupakan salah satu bentuk komunikasi khusus untuk memen uhi fungsi pemasaran. Untuk dapat menjalankan fungsi pemasaran maka apa yang di lakukan dalam kegiatan periklanan tentu saja harus lebih dari sekedar memberikan informasi kepada masyarakat luas. Dari sekian b anyak iklan Jeans maka penulis tertarik untuk me neliti dan ingin mengetahui apa makna pesan yang terkandung didalam sebuah iklan Lois Jeans dan Levi’s yang memiliki maksud dan tujuan serta penyampaian pesan kepada khalayak yang akan ditemukan secara ilmiah melalui penelitian ini yang menggunakan analisi s semiotik menggunakan teori Charles Sanders Pierce. Teori diman a menekankan pada suatu tanda ,acuan tanda, dan penggunaan t anda yang terdapat pada iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam tanda tanda-tanda dan makna pesan yang terdapat p ada iklan Lois Jeans dan Iklan Levi’s. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan analisis semiotika versi Charles Sanders Peirce Peirce. Semiotikan dianggap tepat untuk mengetahui atau mengurai sesuatu yang ada dibalik pemakaian symbol atau tanda dari iklan. P engumpulan da ta menggunakan teknik analisis makna yaitu kualitatif secara deskritif melalui penjabaran konten analisis pada gambar yang diteliti dengan menggunakan teori semiotika yang dikemukakan oleh Charles Sanders Pierce. Hasil penelitian ini yaitu men getahui makna atau pesan yang terkandung dalam iklan Lois Jeans dan Levi’s serta perbedaan apa yang ada didalam iklan tersebut. Iklan Lois Jeans dan Levis’s ini mencoba menyampaikan pesan atau makna yaitu bahwa produk mereka terdiri dari berbagai macam pil ihan untuk menunjang penampilan sehingga menjadi daya tarik sendiri khusunya bagi anak muda dan kaum urban (masyarakat kota). Namun perbedaanya sangatlah terlihat dari cara penyampaiannya, iklan Lois Jeans lebih mnegarahkan kepada bagaimana konsumen dapat memilih mereka dengan memfokuskan segalanya kepada produk mereka sebagai pusat perhatian, sedangkan iklan Levi’s lebih kepada bbagaimana sebuah fakta dimana produk mereka dapat digunakan disegala aktifitas baik oleh anak muda maupun kaum uran (masyarakat k ota).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Sciences > Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 30 Jan 2023 01:44
Last Modified: 30 Jan 2023 01:44
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/2303

Actions (login required)

View Item View Item