Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

MAKNA PESAN VISUAL IKLAN MULTIVITAMIN EGOJI CHEWY GUMMY VERSI “DINO” DI MEDIA TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Sagita, Citra (2018) MAKNA PESAN VISUAL IKLAN MULTIVITAMIN EGOJI CHEWY GUMMY VERSI “DINO” DI MEDIA TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan masalah pada pemaknaan iklan televisi multivitamin Egoji Chewy Gummy Versi “Dino” yang menampilkan karakter Stego, Bronto dan T-rex dengan menggunakan analisis semiotika. Semiotika yaitu mempelajari tentang keberadaan sebuah tanda sehingga membentuk persepsi manusia. Analisis dilakukan dengan menggunakan semiotika Roland Barthes yang bertujuan untuk menemukan makna denotasi, konotasi, serta mitos di dalam iklan multivitamin Egoji Chewy Gummy Versi “Dino”. Semiotika, atau dalam istilah Barthes, semiologi, pada dasarnya hendak mempelajari bagaimana kemanusiaan (humanity) memaknai hal-hal (things). Memaknai (to sinify) dalam hal ini tidak dapat dicampuradukkan dengan mengkomunikasikan (to communicate). Memaknai berarti bahwa objek-objek tidak hanya membawa informasi, dalam hal mana objek-objek itu hendak berkomunikasi, tetapi juga mengkonstitusi sistem terstruktur dari tanda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Paradigma konstruktivisme memandang sebuah realitas tidak pernah terpisah dari pengamat. Pengamat yang berhak menilai seperti apa realitas tersebut, sehingga kebenaran yang didapat dapat berbeda pada masing-masing individu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah makna denotasi dalam tayangan iklan multivitamin Egoji chewy gummy adalah iklan yang menampilkan karakter dinosaurus berbentuk permen kenyal.makna konotasinya adalah yaitu pemikiran setiap individu secara subjektif dalam iklan multivitamin egoji chewy gummy. Setelah mengetahui makna denotasi dan konotasi, yaitu membangun sebuah kepercayaan bahwa multivitamin yang terdapat pada egoji chewy gummy dipercaya membantu pertumbuhan anak, menjaga daya tahan tubuh, dan membantu mata anak tetap sehat serta mencukupi kebutuhan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Sciences > Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 30 Jan 2023 01:48
Last Modified: 30 Jan 2023 01:48
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/2304

Actions (login required)

View Item View Item