Makna Pesan Dalam Iklan AQUA di Youtube Versi Kemurnian #AQUADalamDirimu Bantu Bangkitkan Kebaikan – Untuk Ayah (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce)

Afriliani, Soniya (2019) Makna Pesan Dalam Iklan AQUA di Youtube Versi Kemurnian #AQUADalamDirimu Bantu Bangkitkan Kebaikan – Untuk Ayah (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
SKRIPSI SONIYA AFRILIANI_abstrak.pdf

Download (758kB)
[img] Text
SKRIPSI SONIYA AFRILIANI_BAB I.pdf

Download (667kB)

Abstract

Penelitian ini, bertujuan untuk menganalisis dan mengangkat makna pesan seperti apa yang terdapat pada Iklan AQUA versi Kemurnian dan juga untuk mengetahui bagaimana pesan tersebut di konstruksi. Iklan ini mengangkat tentang kisah sebuah keluarga yang tidak utuh lagi yang hanya terdiri dari seorang ayah dan seorang anak perempuan dalam sebuah keluarga yang juga kurang harmonis. Untuk mengungkapkan masalah tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode analisis semiotik dari pemikiran Charles Sanders dengan model triangle makna yaitu tanda, acuan, dan pengguna tanda dengan pendekatan deskriftif, yang berguna untuk memberikan fakta dan data yang akurat. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa pesan sosial yang disampaikan oleh AQUA adalah kasih sayang orang tua itu sepanjang masa dalam segala keadaan, iklan AQUA ini pun menunjukan bahwa dengan meminum AQUA dengan segala kemurnian yang ada didalam nya akan mampu membantu bangkitkan kebaikan dari dalam untuk lebih menghargai dan merasakan nya. Iklan ini tentu juga tidak lepas dari adanya proses simulasi yang artinya adalah suatu kebohongan berupa tanda, atau image yang realitas tiruan nya masih mengacu pada realitas yang sesungguhnya. Dimana hal tersebut terjadi karena pihak AQUA dalam mengiklankan produknya telah memproduksi tandatanda di mana orang-orang meyakini bahwa itu adalah realitanya. Mereka menggunakan tanda yang berlaku di masyarakat, dan memodifikasinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Sciences > Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Nn Nilam Cahya
Date Deposited: 30 Jan 2023 01:59
Last Modified: 30 Jan 2023 01:59
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/2305

Actions (login required)

View Item View Item