SOSIALISASI PROGRAM CSR OLEH PUBLIC RELATIONS PT TELKOM INDONESIA DALAM MEMPERKENALKAN PRODUK UKM MELALUI EVENT TELKOM CRAFT INDONESIA

Putri, Diah Novianis (2018) SOSIALISASI PROGRAM CSR OLEH PUBLIC RELATIONS PT TELKOM INDONESIA DALAM MEMPERKENALKAN PRODUK UKM MELALUI EVENT TELKOM CRAFT INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tingginya persaingan dunia usaha dewasa ini menuntut para pelaku usaha semakin gencar melakukan optimilisasi usahanya, belum kokohnya fundamental perekonomian Indonesia mempertimbangkan keberadaan Usaha Kelas Menengah (UKM). telah terbukti memberikan lapangan kerja dan memberikan kesempatan bagi UKM untuk berkembang di masyarakat. Keberadaan UKM tidak dapat diragukan karena terbukti mampu bertahan dan menjadi penggerak ekonomi, terutama setelah krisis ekonomi. Di sisi lain, UKM juga menghadapi banyak masalah, yaitu keterbatasan modal usaha, kurangnya akses pasar dan akses informasi pasar yang mengakibatkan rendahnya orientasi pasar, harga yang kurang bersaing, sumber daya manusia yang rendah, dan kurangnya pengetahuan teknologi. Penelitian ini membahas tentang bagaimana sosialisasi program CSR PT Telkom Indonesia dalam memperkenalkan produk UKM melalui event Telkom Craft Indonesia, karena produk ukm belum seluruhnya diketahui masyarakat luas. Pendekatan penelitian kualitatif dan metode penelitian paradigma konstrutivisme. Penulis menggunakan teori sosialisasi dan teori legitimasi dan metode yang digunakan ialah studi kasus. Subjek penelitian dalam penelitian ini ialah terdiri dari dua yaitu key informan dan informan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses sosialisasi yang telah dikerjakan oleh public relations PT Telkom Indonesia dalam event Telkom Craft Indonesian yaitu dengan kegiatan tatap muka langsung kepada publik eksternal. Dimana dalam event tersebut tidak dipungut biaya apapun, sehingga masyarakat luas dapat mengetahui produk ukm dan ikut serta dalam event tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Sciences > Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:23
Last Modified: 30 Jan 2023 02:23
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/2312

Actions (login required)

View Item View Item