PENERAPAN CHATBOT UNTUK CUSTOMER SERVICE DENGAN METODE NATURAL LANGUAGE PROCESSING ( NLP) STUDI KASUS : TELEVISI REPUBLIK INDONESIA

Subiantoro, Muhammad Andre (2020) PENERAPAN CHATBOT UNTUK CUSTOMER SERVICE DENGAN METODE NATURAL LANGUAGE PROCESSING ( NLP) STUDI KASUS : TELEVISI REPUBLIK INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
Muhammad Andre Subiantoro-Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Andre Subiantoro bab 1.pdf

Download (570kB)

Abstract

Customer Service (CS) merupakan ujung tombak terpenting bagi perusahaan dalam melayani, Salah satunya pada perusahaan TVRI ( Televisi Republik Indonesia ). TVRI ( Televisi Republik Indonesia ) Saat ini masih memanfaatkan pelayanan melalui customer sevice officer dan customer service call center. Namun dengan pelayanan customer service officer dan customer service call center yang ada saat ini masih menemui beberapa kendala seperti customer service officer yang dimana customer harus datang langsung ke TVRI ( Televisi Republik Indonesia ) dan hanya dapat menanyakan pertanyaan pada saat jam kerja di TVRI ( Televisi Republik Indonesia ), sedangkan untuk customer service call center yang dimana customer harus menunggu giliran dalam menghubungi customer service call center dan juga memakan biaya. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan chatbot untuk customer service pada perusahaan TVRI ( Televisi Republik Indonesia ). Dalam pembuatan sistem ini menggunakan metode Natural Language Processing (NLP). Hasilnya Sistem Chatbot ini berdiri dalam sebuah web yang dapat berinteraksi secara langsung dengan memberikan informasi secara langsung, dan membantu customer service dalam pekerjaannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Technology > Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:22
Last Modified: 02 Feb 2023 03:22
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/2376

Actions (login required)

View Item View Item