ANALISIS RANTAI PEMASARAN IKAN DI TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) KARANGANTU SERANG, BANTEN (ANALYSIS OF THE FISH MARKETING CHAIN AT THE FISH AUCTION SITE (TPI) KARANGANTU SERANG, BANTEN)

Rozaqi, Muhammad Reza (2017) ANALISIS RANTAI PEMASARAN IKAN DI TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) KARANGANTU SERANG, BANTEN (ANALYSIS OF THE FISH MARKETING CHAIN AT THE FISH AUCTION SITE (TPI) KARANGANTU SERANG, BANTEN). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
bab i.pdf

Download (1MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan hasil produksi perikanan di Indonesia serta sumbangan yang besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) khususnya dari usaha penangkapan ikan laut, sayangnya masih belum diakui. Skala usaha kecil serta status nelayan yang sebagian besar merupakan nelayan buruh yang berkaitan dengan sistem pemasaran ikan nelayan sebagai produsen memiliki posisi yang lemah dibandingkan dengan pedagang atau industri selaku pembeli. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui Analisis Margin dan Analisis Fisherman Share rantai pemasaran ikan pada nelayan dan pengecer; 2) mengetahui peran kelembagaan yang terlibat dalam pemasaran hasil perikanan tangkap di TPI Karangantu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan Oktober 2016 di TPI Karangantu Serang Banten. Metode penelitian yang digunakan dengan mengumpulkan dari data primer dan data sekunder dengan analisis deskriptif, analisis margin pemasaran dan analisis Fisherman Share. Hasil dari perhitungan Analisis margin pemasaran dan Analisis Fisherman Share dari nelayan sampai pedagang pengecer pada bulan September - November adalah Ikan Tongkol Rp.3.999 dan 84%, Ikan Kembung Rp.5.483 dan 82%, Ikan Japuh Rp.2.164 dan 75%, Ikan Lemuru Rp. 2.444 dan 89%, Ikan Layang Rp. 2.487 dan 90%, Ikan Tenggiri Rp. 5.063 dan 91%, Ikan Teri Rp. 2.461 dan 81%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah analisis rantai pemasaran di TPI Karangantu dari nelayan ke tengkulak setelah itu nelayan menjual ke pedagang perantara ke pedagang pengecer sampai ke konsumen akhir, dan perhitungan margin pemasaran ikan dan analisis Fisherman Share dari nelayan sampai pedagang pengecer pada bulan September sampai November yaitu pada Ikan Tongkol dengan margin pemasaran Rp. 3.999 dan Fisherman Share 84 % Ikan Kembung dengan margin pemasaran Rp. 5.483 Fisherman Share 82% , Ikan Japuh dengan margin pemasaran Rp. 2.164 dengan Fisherman Share 75%, Ikan Lemuru dengan margin pemasaran Rp. 2.444 dan Fisherman Share 89%, Ikan Layang dengan margin pemasaran Rp. 2.487 dan Fisherman Share 90%,Ikan tenggiri dengan margin pemasaran Rp. 4.760 dan Fisherman Share 91%, Ikan Teri dengan harga Rp. 2.416 dan Fisherman Share 81%. Fungsi PPN Karangantu seperti mencatat berapa banyak kapal yang masuk dan keluar di pelabuhan, mendata setiap jenis hasil tangkapan yang didapat oleh nelayan dan mengawasi setiap kegiatan di TPI Karangantu dan dari lembaga yang terlibat dalam hasil perikanan tangkap di TPI Karangantu yaitu nelayan, tengkulak, pedagang perantara (tepi), pedagang pengecer dan konsumen akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Agriculture > Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan > Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan (S1)
Depositing User: Tn Satrio Wibowo
Date Deposited: 23 Feb 2023 07:08
Last Modified: 01 Mar 2023 03:01
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/2772

Actions (login required)

View Item View Item