Resepsi Khalayak Pada Tayangan Bale-bale di TVRI Jakarta (Analisis Resepsi Program Bale-bale Tahun 2019 s.d 2020)

Irawan, Epri Adi (2022) Resepsi Khalayak Pada Tayangan Bale-bale di TVRI Jakarta (Analisis Resepsi Program Bale-bale Tahun 2019 s.d 2020). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
SKRIPSI EPRI ADI IRAWAN_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI EPRI ADI IRAWAN_ABSTRAK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penguraian suatu pesan adalah bagaimana anggota audiens dapat memahami, dan menafsirkan pesan tersebut. Ini adalah proses interpretasi dan terjemahan informasi kode ke dalam bentuk yang dapat dipahami. Audiens mencoba merekonstruksi gagasan dengan memberi makna pada simbol dan dengan menafsirkan pesan secara keseluruhan. Komunikasi yang efektif dicapai hanya ketika pesan diterima dan dipahami dengan cara yang dimaksud. Teori komunikasi yang digunakan adalah model komunikasi Encoding-Decoding pertama kali dikembangkan oleh sarjana studi budaya Stuart Hall pada tahun 1973. Berjudul 'Encoding dan Decoding dalam Wacana Televisi', Hall menawarkan pendekatan teoretis tentang bagaimana pesan-pesan media diproduksi, disebarkan, dan ditafsirkan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa khalayak pemirsa program Bale-bale tertarik dan mengenal program Bale-bale, karena menyajikan tema dan narasumber yang menarik, hanya saja waktu tayang yang berubah masih menjadi kendala yang membuat pemirsa kecewa. Pesan yang disampaikan mampu diterima khalayak dengan dialek dan candaan betawi. Tayangan Bale-bale ditonton ketika khalayak memiliki waktu luang, gonta ganti chanel masih dilakukan khalayak ketika Bale-bale tayang berbarengan dengan acara lain yg dianggap sama menariknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Sciences > Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Nn Nilam Cahya
Date Deposited: 24 Feb 2023 04:44
Last Modified: 24 Feb 2023 04:44
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/2812

Actions (login required)

View Item View Item