PENGARUH PEMAHAMAN KODE ETIK PROFESI AKUNTAN, KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS SATYA NEGARA INDONESIA

LESTARI, DHEA INTAN (2020) PENGARUH PEMAHAMAN KODE ETIK PROFESI AKUNTAN, KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS SATYA NEGARA INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
bab 1.pdf

Download (541kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan dan Kecerdasan Mahasiswa terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi Universitas Satya Negara Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa S1 Akuntansi semester 2 sampai dengan semester 8. Teknik sampling yang digunakan adalah proposionate random sampling, dari teknik sampling tersebut didapatkan hasil sebagai jumlah responden penelitian ini sebesar 80 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil uji validitas menunjukkan 61 butir pernyataan valid dan layak digunakan untuk penelitian. Metode analisis penelitian ini dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman kode etik profesi akuntan tidak berpengaruh terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi. Sementara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual berpengaruh terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi. Secara simultan variabel pemahaman kode etik profesi akuntan, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual berpengaruh terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Acounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Tn Satrio Wibowo
Date Deposited: 07 Mar 2023 11:01
Last Modified: 07 Mar 2023 11:01
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/2983

Actions (login required)

View Item View Item