KONSTRUKSI REALITAS SOSIAL BUDAYA DALAM IKLAN SARI WANGI VERSI #MARIBICARA (Analisis Semiotika Rolland Barthes)

Fadli, Muhammad Rizky (2023) KONSTRUKSI REALITAS SOSIAL BUDAYA DALAM IKLAN SARI WANGI VERSI #MARIBICARA (Analisis Semiotika Rolland Barthes). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
MUHAMMAD RIZKY FADLI_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
MUHAMMAD RIZKY FADLI_abstrak.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh konstruksi realitas sosial yang ditampilkan pada iklan sariwangi versi #maribicara yang menunjukkan interaksi yang terjadi pada kehidupan nyata. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi realitas media massa. Dimana menurut Safwedha & Suprihatini (2019) teori konstruksi realitas sosial media massa ini merupakan suatu aliran informasi yang terjadi secara cepat dan luas sehingga adanya konstruksi sosial berlangsung sangat cepat dan tersebar merata di seluruh bidang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Semiotika Roland Barthes dimana salah satu ilmu Semiotika yang dipakai untuk mengkonstruksikan tanda seperti kode, bahasa, sinyal atau hal lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terjadi perbedaan pendapat, musyawarah dan komunikasi yang baik akan mampu membantu menyelesaikan permasalahan yang ada. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu dibutuhkan sikap toleransi yang tinggi berupa kebesaran hati dan menghargai dalam memadukan ragam budaya yang ada di Indonesia untuk mencapai tujuan bersama dan menghindari konflik berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Ny Amrita Dyah Lestari
Date Deposited: 20 Mar 2023 08:16
Last Modified: 20 Mar 2023 08:16
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3149

Actions (login required)

View Item View Item