PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN IKLAN TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Arya Saloka dan Amanda Manopo pada Shopee Indonesia)

SODIKIN, SODIKIN (2023) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN IKLAN TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Arya Saloka dan Amanda Manopo pada Shopee Indonesia). Masters thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
TESIS-SODIKIN-191100017_bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TESIS-SODIKIN-191100017_abstrak.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Celebrity Endorser dan Iklan Televisi terhadap keputusan pembelian Variabel Intervening yaitu minat beli pada Shopee Indonesia dengan Arya Saloka dan Amanda Manopo sebagai Celebrity Endorser untuk mengetahui variabel mana yang memiliki pengaruh paling dominan. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif, Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Tekhnik pengumpulan data menggunakan kuesioner, analisa yang digunakan adalah Partial Least Square- Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Dari hasil evaluasi model struktural (Inner Model) didapatkan Nilai R Square minat beli yang dipengaruhi oleh Celebrity Endorser dan Iklan Televisi yaitu 0,648, artinya bahwa Minat Beli dapat dijelaskan oleh konstruk independen yang terdiri dari Celebrity Endorser dan Iklan Televisi sebanyak 64,80% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan untuk Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh Celebrity Endorser, Media Iklan Televisi dan Minat Beli memiliki nilai R square adjusted sebesar 0,716, artinya bahwa Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh Celebrity Endorser,Iklan Televisi dan Minat Beli sebanyak 71,60% dan sisanya dijelaskan oleh konstruk lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Dari hasil uji pengaruh langsung dapat disimpulkan bahwa Iklan Televisi dan Minat Beli berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian. Sedangkan hasil uji pengaruh tidak langsung didapatkan bahwa Celebrity endorser tidak memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui minat beli, dan iklan memiliki pengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui minat beli.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Management > Management (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pemasaran (S2)
Depositing User: Ny Amrita Dyah Lestari
Date Deposited: 30 Mar 2023 06:09
Last Modified: 30 Mar 2023 06:09
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3165

Actions (login required)

View Item View Item