IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS UNTUK PENGELOMPOKAN DATA CUSTOMER PADA TOKO DREAMS REALITY

Almi, Sya'roni (2019) IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS UNTUK PENGELOMPOKAN DATA CUSTOMER PADA TOKO DREAMS REALITY. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
Sya'roni Almi - BAB I.pdf

Download (538kB)
[img] Text
Sya'roni Almi - ABSTRAK.pdf

Download (671kB)

Abstract

Pelanggan potensial adalah pelanggan yang loyal terhadap perusahaan yang akan melanjutkan pembelian produk atau jasa tersebut walaupun dihadapkan pada banyak alternatif produk atau jasa yang lebih unggul dipandang dari berbagai sudut atributnya. Usaha untuk mempertahankan pelanggan ini menjadi hal yang penting bagi Toko Dreams Reality mengingat semakin banyaknya usaha retail yang menjual produk yang sama. Untuk mencegah terjadinya perpindahan pelanggan ini, maka perlu diketahui kelompok pelanggan yang potensial, sehingga pihak toko bisa melindungi pelanggan potensial tersebut dengan cara memberikan pelayanan prima dan memberikan diskon. Atribut yang digunakan jumlah transaksi dan total harga yang bertujuan untuk menerapkan salah satu metode pengolahan data mining menggunakan algoritma k-means dengan mempartisi data ke dalam cluster sehingga data menyesuaikan masing-masing karakteristik untuk dikelompokan sesuai cluster. Kemudian hasil dari clustering akan dianalisis untuk mengetahui pelanggan yang masuk dalam kategori lebih potensial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Technology > Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Tn Satrio Wibowo
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:28
Last Modified: 30 Mar 2023 07:28
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3168

Actions (login required)

View Item View Item