Sitorus, Guston (2020) PENYULUHAN PEMASARAN ONLINE USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) MASA PANDEMI COVID 19 DI LINGKUNGAN RT006/02, KRAMAT PELA, KEBAYORAN BARU, JAKARTA SELATAN. [Teaching Resource]
Text
15-GNP-19-20-LAP-PkM-RT06-02-GNP-19-20.pdf Download (1MB) |
Abstract
Usaha mikro kecil menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang terdampak cukup hebat akibat pandemi covid-19 di Indonesia. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) RI, Teten Masduki, menyebutkan bahwa hal ini disebabkan karena usaha UMKM bersifat harian dan banyak mengandalkan interaksi langsung, sehingga adanya pembatasan PSBB dan social distancing sampai dengan physical distancing tentu saja membuat permintaan turun drastis. UMKM merupakan usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro, misalnya usaha kuliner. Dilihat dari masalah-masalah yang dihadapi UMKM salah atunya terkait dengan kemampuan para pedagang kecil tentang pemasaran online. Kemampuan pemahaman tentang pemasaran online yang rendah ini mengakibatkan penerimaan penjulan cenderung turun. Hal ini bisa terjadi karena para pedagang kecil di lingkungan RT006/02 Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan belum memiliki pemahaman tentang pemasaran online UMKM.
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Subjects: | Laporan Penelitian Dosen |
Divisions: | Laporan Penelitian Dosen |
Depositing User: | Nn Nilam Cahya |
Date Deposited: | 20 Apr 2023 01:48 |
Last Modified: | 20 Apr 2023 01:48 |
URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3279 |
Actions (login required)
View Item |