Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

Pengaruh Harga, Fasilitas, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Klinik Pusat Bekam Ruqyah Bekasi

Hulu, Syukur Sudani (2023) Pengaruh Harga, Fasilitas, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Klinik Pusat Bekam Ruqyah Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Klinik Pusat Bekam Ruqyah Bekasi yang berlokasi di Perum Metland Tambun Jalan Biduri Raya Blok G1. No. 25 Tambun, Cibitung, Kabupaten Bekasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari Harga, Fasilitas, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Klinik Pusat Bekam Ruqyah Bekasi, dan untuk menganalisis penyebab dari sebuah fenomena yang terjadi sampai menemukan suatu solusi dan strategi untuk menyelesaikan fenomena tersebut pada Klinik Pusat Bekam Ruqyah khususnya pada kepuasan pelanggan. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang diuji secara validitas dan reabilitas untuk dapat dipercaya terhadap data yang dipakai, dengan teknik penelitian kuantitatif, dan dengan desain penelitian menggunakan metode asosiatif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah 100 responden yang kemudian diolah dengan menggunakan program SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian, secara simultan terdapat pengaruh signifikan Harga, Fasilitas, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 71,962 > F-Tabel 2,466, dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Maka artinya, H0 ditolak dan Ha diterima. Lalu berdasarkan hasil penelitian, secara parsial variabel harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t hitung sebesar 1,390 < 1,985 t tabel dan nilai signifikansi 0,168 > 0,05, kemudian variabel fasilitas seacar parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t sebesar (- 0,172) < 1,985 t tabel dan nilai signifikansi 0,864 > 0,05. Sedangkan variabel promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t sebesar t hitung 12,022 > 1,985 t tabel, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dan variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t sebesar 9,259 > 1,985 t tabel, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa secara simultan Harga, Fasilitas, Promosi dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Klinik Pusat Bekam Ruqyah Bekasi. Sedangkan secara parsial, Harga dan Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, tetapi promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Klinik Pusat Bekam Ruqyah Bekasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Management > Management (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pemasaran (S2)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 22 Sep 2023 10:28
Last Modified: 22 Sep 2023 10:28
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3333

Actions (login required)

View Item View Item