RANCANG BANGUN PERMAINAN UNTUK MELATIH MOTORIK DAN PENGETAHUAN ANAK TERHADAP BUAH DAN SAYUR BERBASIS COMPUTER VISION

Fadhilah, Fikhri (2023) RANCANG BANGUN PERMAINAN UNTUK MELATIH MOTORIK DAN PENGETAHUAN ANAK TERHADAP BUAH DAN SAYUR BERBASIS COMPUTER VISION. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (248kB)

Abstract

Dengan majunya perkembangan teknologi saat ini, maka mempercepat perkembangan berbagai macam aspek dalam kehidupan, salah satunya adalah perkembangan pada bidang pendidikan. Anak dengan usia dini membutuhkan suatu cara untuk membantu proses pembelajaran mereka dengan cara bermain untuk melatih motorik dan pengetahuannya tentang buah dan sayur dengan menggunakan game edukasi berknologi Computer Vision. Pembuatan Game Edukasi untuk melatih motorik dan pengetahuan anak tentang buah dan sayur berbasis computer vision dirancang dengan menggunakan python, PyCharm, OpenCV, Mediapipe, dan PyGame. Penelitian ini menghasilkan aplikasi multimedia sebagai lingkungan belajar berbasis permainan (game) untuk anak. Dengan adanya game edukasi ini diharapkan dapat menjadi alternatif lingkungan belajar berbasis permainan (game) yang dapat menarik minat bagi anak untuk belajar dangan cara bermain. Berdasarkan hasil pengujian fungsional, game edukasi ini dapat berjalan sebagaimana mestinya. Berdasarkan hasil uji coba, game edukasi berbasis teknologi Computer Vision ini dapat dimainkan dengan jarak 1 meter, 1,5 meter, dan 2 meter agar respon dari tangan dapat dengan baik terdeteksi oleh objek buah dan sayur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Technology > Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 29 Sep 2023 09:54
Last Modified: 29 Sep 2023 09:54
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3403

Actions (login required)

View Item View Item