Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

PENGARUH KUALITAS PRODUK, BIAYA, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH GENERASI MILENIAL DIGIBANK

Suryanto, Baginda (2024) PENGARUH KUALITAS PRODUK, BIAYA, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH GENERASI MILENIAL DIGIBANK. Masters thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text (ABSTRAK)
Baginda Suryanto - 201100007 (ABSTRAK).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[img] Text (BAB 1)
Baginda Suryanto - 201100007 (BAB 1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)

Abstract

Perubahan perilaku masyarakat Indonesia pada masa pandemi covid-19 yang berusaha untuk melakukan aktivitas finansial secara virtual. Menangkap peluang masyarakat Indonesia yang menyukai aktivitas finansial secara virtual dan jumlah generasi milenial yang semakin meningkat membuat beberapa bank melakukan perubahan pada lini bisnis utamanya menjadi digitalisasi. Namun, perubahan tersebut juga membawa dampak yang mulai dirasakan oleh bank-bank digital saat ini, diantaranya kurang melekatnya rasa loyalitas nasabah terhadap bank yang digunakan. Kualitas produk yang beragam, harga yang bervariasi, hingga kualitas pelayanan yang ditawarkan kepada nasabah secara masif justru menjadi jurus ampuh membuka peluang nasabah berpindah antar bank digital. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian terhadap nasabah Digibank bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Biaya, dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas nasabah generasi milenial Digibank baik secara simultan maupun parsial, agar dapat ditemukan metode yang tepat untuk meningkatkan loyalitas nasabah generasi milenial Digibank. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan 93 responden dari jumlah populasi sebanyak 120 nasabah generasi milenial yang mengikuti kegiatan yang diselenggarakan Digibank. Metode yang digunakan dalam peneilitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Pengolahan penelitian menggunakan program SPSS, dilakukan uji statistik deskriptif, pengujian instrumen penelitian melalui uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik melalui uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, uji koefisien dererminasi dan uji hipotesis melalui uji F simultan dan uji t parsial. Hasil uji menemukan data bahwa secara simultan loyalitas dipengaruhi oleh kualitas produk, biaya dan kualitas layanan, dibuktikan dengan F hitung lebih besar dari nilai F tabel. Sementara itu, berdasarkan uji t parsial, Kualitas Produk tidak memiliki pengaruh terhadap loyalitas, merujuk pada nilai t hitung lebih kecil dari t tabel. Biaya secara parsial memiliki pengaruh terhadap loyalitas, berdasarkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Kualitas Layanan secara parsial memiliki pengaruh terhadap loyalitas, berdasarkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Management > Management (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pemasaran (S2)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:57
Last Modified: 26 Aug 2024 04:58
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3830

Actions (login required)

View Item View Item