Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

PENGARUH PROFESIONALISME DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI KERJA PADA SMK YADIKA 6

SIMANJUNTAK, ERVINA (2024) PENGARUH PROFESIONALISME DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI KERJA PADA SMK YADIKA 6. Masters thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text (Abstrak)
ERVINA SIMANJUNTAK - 221100004 (ABSTRAK).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text (BAB 1)
ERVINA SIMANJUNTAK - 221100004 (BAB 1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profesionalisme dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru, dengan motivasi kerja sebagai variabel mediasi di SMK Yadika 6. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh guru di SMK Yadika 6, dengan sampel sebanyak 30 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk mengevaluasi hubungan langsung dan tidak langsung antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap motivasi kerja dan kinerja guru. Semakin tinggi tingkat profesionalisme, semakin tinggi motivasi dan kinerja guru. Sebaliknya, lingkungan kerja tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi kerja, namun memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja guru, menunjukkan bahwa beberapa aspek lingkungan kerja perlu diperbaiki. Selain itu, motivasi kerja secara tidak terduga memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap kinerja guru. Profesionalisme juga memiliki pengaruh tidak langsung yang negatif terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja. Lingkungan kerja tidak menunjukkan pengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja. Temuan ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kinerja guru, sekolah perlu memprioritaskan peningkatan profesionalisme dan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap lingkungan kerja yang ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Management > Management (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Management SDM (S2)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 27 Sep 2024 12:03
Last Modified: 27 Sep 2024 12:03
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4004

Actions (login required)

View Item View Item