Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

Analisis Kepatuhan dan Efektivitas Kapal Masuk di PPS Nizam Zachman Jakarta

SUPRIADI, SUPRIADI (2024) Analisis Kepatuhan dan Efektivitas Kapal Masuk di PPS Nizam Zachman Jakarta. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
Supriadi - 200300033 (Abstrak).pdf

Download (4MB)
[img] Text
Supriadi - 200300033 (BAB 1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Program industrialsisasi perikanan diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2016 tentang Percepatan Industrialisasi Perikanan Nasional serta Peraturan Presiden No. 3 Tahun 2017 tentang Rencana Aksi Percepatan Pembangunan Industrialisasi Perikanan. Dalam hal ini pemerintah menugaskan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk melaksanakan Program Prioritas Pemerintah tersebut. Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman Jakarta di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan merupakan salah satu garda terdepan untuk mensukseskan Program Prioritas yang telah dirumuskan dalam Nawacita. Pelabuhan Perikanan Nizam Zachman Jakarta (PPSNZJ), yang berada di bawah Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, adalah Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pada tahun 2020, terdapat sekitar 3.285 frekuensi pendaratan kapal di PPSNZ Jakarta dengan hasil tangkapan sekitar 62,5 ton. Kapal purse seine merupakan kapal yang paling banyak mendaratkan hasil tangkapan di PPS Nizam Zachman (Gunawan et al., 2021). Aktivitas kapal penangkap ikan sangat padat di PPS Nizam Zachman Jakarta, sehingga diperlukan upaya penataan aktivitas kapal. PPS Nizam Zachman Jakarta memiliki peranan dalam menjaga ketahanan pangan Indonesia yang mendistribusikan hasil perikanan untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industri dan konsumsi dalam negeri. Menurut Peraturan PER.08/MEN/2012 tentang Pelabuhan Perikanan, pelabuhan perikanan adalah tempat di mana kapal perikanan bersandar, berlabuh, dan bongkar muat ikan dengan fasilitas keselamatan pelayaran dan kegiatan penunjang perikanan. Kapal yang akan memasuki pelabuhan dipersyaratkan memenuhi ketentuan administrasi yang berlaku. Analisis tingkat kepatuhan kapal perikanan perlu diberlakukan dalam rangka menertibkan kapal yang ke pelabuhan perikanan. Oleh sebab itu, kajian mengenai “Analisis Kepatuhan dan Efektivitas Kapal Masuk di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman Jakarta” sangat perlu dilakukan untuk memperbaiki kondisi tata kelola kolam pelabuhan perikanan di PPS Nizam Zachman. Tujuan penelitian “Analisis Kepatuhan dan Efektivitas Kapal Masuk di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman Jakarta” ini adalah (1) Menganalisis kepatuhan kapal yang masuk memanfaatkan dan bongkar di PPS Nizam Zachman Jakarta; (2) Menganalisis efektivitas pelayanan publik di PPS Nizam Zachman Jakarta dan (3) Mengalisis kepuasan pengguna pelabuhan. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan survei dan pengamatan terhadap aktivitas kapal masuk pelabuhan. Metode pengumpulan data dilakukan secara survei dan pelaksanaan penelitian dilakukan dengan cara pengamatan secara langsung di lapangan. Dalam pelaksanaannya untuk memperkuat hasil dan data yang disusun, maka pendekatan dilakukan melalui beberapa cara pengumpulan data, yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data penelitian dilakukan di PPS Nizam Zachman Jakarta dengan data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Pada penelitian ini, data primer didapat melalui survei langsung di PPS Nizam Zachman Jakarta dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, partisipasi aktif dan melakukan survei kepuasan masyarakat atau pelaku jasa. Data sekunder diperoleh dari pihak lain seperti dari literatur pustaka (artikel, jurnal, buku), laporan instansi dan data dari penelitian sebelumnya. Kepatuhan kapal yang masuk serta efektivitas pelayanan kapal di PPS Nizam Zachman dianalisis secara deskriptif. Data dibandingkan dengan aturanaturan yang ada atau peraturan yang sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang sudah ada. Kemudian informasi ditampilkan dalam bentuk narasi, tabel, grafik maupun persentase. Tingkat kepatuhan armada kapal perikanan di PPS Nizam Zachman sudah tergolong baik namun masih terdapat armada kapal perikanan yang melakukan indikasi dugaan pelanggaran pada parameter daerah penangkapan ikan dan kelaikan operasional kapal. Jumlah kapal yang memanfaatkan PPS Nizam Zachman pada saat penelitian adalah 160 unit kapal. Tingkat kepatuhan kapal diukur berdasarkan beberapa parameter yang merupakan syarat bagi kapal ketika memasuki pelabuhan. Secara umum nilai pada pelayanan Penerbitan STBL Kedatangan Kapal tergolong ke dalam kategori Sangat Baik dengan NRR IKM tertimbang 3,7310 (masuk ke dalam nilai interval 3,5324 – 4,0000). Adapun rincian penilaian masingmasing unsur-unsur dalam pelayanan Penerbitan STBL Kedatangan Kapal adalah sebagai berikut: 1) Tingkat kesesuaian persyaratan pelayanan dengan jenis pelayanan tergolong sangat baik dengan NRR 3,74. 2) Tingkat kemudahan pengguna jasa dalam mendapat pelayanan tergolong sangat baik dengan NRR 3,74. 3) Kecepatan waktu dalam memberikan pelayanan tergolong sangat baik dengan NRR 3,79. 4) Kewajaran biaya atau tarif dalam pelayanan tergolong sangat baik dengan NRR 3,68. 5) Kesesuaian produk pelayanan antara yang tercantum dalam standar pelayanan dengan hasil yang diberikan tergolong sangat baik dengan NRR 3,74. 6) Kompetensi atau kemampuan petugas dalam pelayanan tergolong sangat baik dengan NRR 3,74. 7) Perilaku petugas dalam pelayanan terkait kesopanan dan keramahan tergolong sangat baik dengan NRR 3,74. 8) Kualitas sarana dan prasarana tergolong sangat baik dengan NRR 3,74. 9) Penanganan pengaduan pengguna layanan tergolong sangat baik dengan NRR 3,68. Berdasarkan hal tersebut di atas diketahui bahwa layanan Penerbitan STBL Kedatangan Kapal memiliki kriteria sangat baik untuk semua unsurnya dengan nilai rata-rata 3,73. Berdasarkan penelitian tentang analisis kepatuhan dan efektifitas kapal masuk di PPS Nizam Zachman, dapat disimpulkan bahwa Kepatuhan kapal masuk terhadap aturan yang telah ditetapkan mempunyai nilai rata-rata 98,1% yaitu sangat patuh, tingkat efektifitas pelayanan penerbitan STBLKK adalah 100% yaitu sangat efektif dan Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan penerbitan STBLKK adalah sangat baik dengan NRR IKM tertimbang 3,73.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Agriculture > Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan > Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan (S1)
Depositing User: Nn Nilam Cahya
Date Deposited: 05 Oct 2024 12:42
Last Modified: 05 Oct 2024 12:42
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4130

Actions (login required)

View Item View Item