Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Ikan Bandeng (Chanos Chanos) Beku Pada PT. Berkah Bahari, Muara Baru, Jakarta Utara

RAMADAN, RANDIKA DWI (2024) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Ikan Bandeng (Chanos Chanos) Beku Pada PT. Berkah Bahari, Muara Baru, Jakarta Utara. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
Randika Dwi Ramadan - 200300003 (ABSTRAK).pdf

Download (929kB)
[img] Text
Randika Dwi Ramadan - 200300003 (BAB 1).pdf

Download (900kB)

Abstract

Pemasaran secara umum merupakan proses individu atau kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan dan menukarkan produknya kepada kelompok lainnya, di dalam persaingan dunia bisnis mengharuskan setiap distributor untuk melaksanakan kegiatan pemasaran dengan efektif dan efisien. pelaku usaha perikanan harus menjamin pengendalian, pengolahan, dan pemasaran produknya tercapai sesuai target; dan mengevaluasi kegiatan untuk perbaikan sehingga dapat meningkatkan kualitas serta kinerja di masa yang akan datang. Strategi pemasaran yang efektif akan meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap produk perikanan, mendorong keinginan dan loyalitas konsumen, serta meningkatkan pendapatan dan stabilitas perusahaan. PT. Berkah Bahari berupaya terus berinovasi guna meningkatkan ekspansi pasar melalui jaringan distribusi yang lebih luas. Selain itu, untuk memperluas kompetitif dan promosi yang efektif, PT. Berkah Bahari dapat memperluas basis pelanggan dengan cara memanfaatkan promosi melalui media sosial sesuai kondisi perkembangan zaman. Penelitian dilakukan di PT. Berkah Bahari, Muara Baru, Jakarta Utara dengan menganalisis faktor-faktor tekait pemasaran ikan bandeng beku berdasarkan analisis SWOT yaitu: kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan tantangan (threats), data didapatkan dengan pengamatan secara langsung dan wawancara dengan 10 orang responden meliputi staff dan konsumen. Data sekunder berupa dokumentasi serta literatur penunjang penelitian lainnya. Penelitian mendapati hasil bahwa alur pemasaran ikan bandeng beku di PT. Berkah Bahari Muara Baru, Jakarta Utara melewati beberapa tahap yakni: penyortiran ukuran ikan, penyimpanan ikan secara beku, dan pemasaran ikan dengan target konsumen pedagang pasar lokal serta pengolah pindang ikan bandeng. Matriks IE dari analisis IFAS dan EFAS menunjukkan hasil posisi perusahaan pada kuadran I (Growth & Build) yang berarti strategi pemasaran yang sesuai dengan PT. Berkah Bahari Muara Baru, Jakarta Utara dengan terus bertumbuh dan membangun, salah satunya dengan cara: pengukuran pasar pengembangan pasar dan pengembangan produk. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis alternatif strategi menggunakan matriks SWOT yang mendapatkan hasil strategi pemasaran adalah dengan memperluas pasar, mempertahankan kualitas dan harga produk, serta meningkatkan promosi produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Agriculture > Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan > Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan (S1)
Depositing User: Nn Nilam Cahya
Date Deposited: 05 Oct 2024 13:19
Last Modified: 05 Oct 2024 13:19
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4133

Actions (login required)

View Item View Item