Widiyanto, Eko (2025) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGADUAN KELUHAN LAYANAN INTERNET PELANGGAN BERBASIS WEB PADA PT MAXINDO MITRA SOLUSI. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.
|
Text
Eko Widiyanto - 211000011 (ABSTRAK).pdf Download (6MB) |
|
|
Text
Eko Widiyanto - 211000011 (BAB I).pdf Download (829kB) |
Abstract
Pelayanan pengaduan yang responsif dan efektif menjadi salah satu faktor kunci dalam mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan, terutama dalam industri jasa penyedia layanan internet. PT Maxindo Mitra Solusi sebagai perusahaan penyedia layanan internet menghadapi tantangan dalam menangani pengaduan keluhan pelanggan secara efisien dan terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi pengaduan keluhan pelanggan berbasis web guna mempermudah proses pelaporan, pendataan, dan penanganan keluhan layanan internet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis kebutuhan sistem, perancangan sistem menggunakan metode waterfall yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan, serta implementasi sistem dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySql. Hasil dari penelitian ini berupa sistem informasi pengaduan keluhan layanan internet pelanggan berbasis web yang dimana pelanggan menyampaikan keluhan internet secara online, serta perusahaan dapat memonitor dan menindaklanjuti keluhan tersebut secara lebih cepat dan akurat. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi layanan terhadap pelanggan dan memberikan kontribusi positif terhadap kualitas layanan di PT Maxindo Mitra Solusi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | System Information |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Sistem Informasi (S1) |
| Depositing User: | Tn Andrian Prayudho |
| Date Deposited: | 09 Sep 2025 10:16 |
| Last Modified: | 09 Sep 2025 10:16 |
| URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4179 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
