Nugroho, Bayu Akbar (2025) IMPLEMENTASI KOMPUTER VISION PADA GAME BANGUN RUANG ( STUDI KASUS TK TUNAS SATRIA PONDOK PINANG ). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.
![]() |
Text
Bayu Akbar Nugroho - 200100039 (ABSTRAK).pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Bayu Akbar Nugroho - 200100039 (BAB 1).pdf Download (4MB) |
Abstract
Bangun ruang sulit dipelajari hanya dengan buku karena sifatnya statis. Guru biasanya membawa alat bantu fisik, namun puzzle kayu sering tidak tahan lama. Oleh karena itu, dikembangkan game edukasi berbasis computer vision untuk pembelajaran interaktif.Penelitian ini menggunakan model System Development Life Cycle (SDLC), mencakup analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Game dirancang dengan algoritma computer vision untuk mengenali dan memanipulasi objek virtual.Hasil penelitian menunjukkan game ini meningkatkan interaktivitas dan pemahaman siswa terhadap konsep bangun ruang. Pengguna lebih tertarik belajar dibanding metode konvensional. Teknologi ini membuat pembelajaran lebih menarik, meskipun masih terdapat kendala seperti kebutuhan perangkat keras khusus dan akurasi yang perlu ditingkatkan. Secara keseluruhan, game ini memiliki potensi besar sebagai alat bantu pembelajaran inovatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Technology > Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Ny Amrita Dyah Lestari |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 03:30 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 03:30 |
URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4223 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |