Muhammad, Fachrel (2025) PERANCANGAN APLIKASI MOBILE MENDETEKSI WARNA BAGI PENDERITA BUTA WARNA BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.
|
Text
Fachrel Muhammad - 210100025 (ABSTRAK).pdf Download (5MB) |
|
|
Text
Fachrel Muhammad - 210100025 (BAB 1).pdf Download (382kB) |
Abstract
Aplikasi deteksi warna ini dirancang untuk membantu penyandang buta warna dalam mengenali warna secara lebih akurat dan mudah melalui perangkat Android. Aplikasi menggunakan algoritma K-Means Clustering untuk menganalisis warna dominan dari citra yang ditangkap oleh kamera, lalu menampilkan nama warna, nilai RGB, tingkat keyakinan (confidence), dan deskripsi warna. Selain fitur deteksi warna, aplikasi ini juga dilengkapi dengan kuis interaktif untuk mengidentifikasi kemungkinan jenis buta warna pengguna berdasarkan jawaban mereka. Data pengguna, hasil deteksi warna, dan hasil kuis disimpan secara otomatis ke Firebase Firestore. Proyek ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Waterfall, serta diuji menggunakan metode black-box testing untuk memastikan seluruh fungsi berjalan sesuai kebutuhan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi dengan baik dan dapat memberikan informasi warna secara realtime dan akurat kepada pengguna.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | Technology > Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika (S1) |
| Depositing User: | Tn Andrian Prayudho |
| Date Deposited: | 09 Sep 2025 07:23 |
| Last Modified: | 09 Sep 2025 07:23 |
| URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4402 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
