KOMODIFIKASI KECANTIKAN DALAM IKLAN TELEVISI (Analisis Semiotika Pada Iklan “Wardah versi #LangkahBaikmuBerarti”)

Prada, Gafero (2021) KOMODIFIKASI KECANTIKAN DALAM IKLAN TELEVISI (Analisis Semiotika Pada Iklan “Wardah versi #LangkahBaikmuBerarti”). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SATYA NEGARA INDONESIA.

[img] Text
Skripsi Gafero Prada_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Gafero Prada bab 1.pdf

Download (693kB)

Abstract

Tayangan iklan seharusnya menyampaikan informasi atau pesan kepada khalayak, namun iklan juga dapat mempengaruhi persepsi publik tentang makna kecantikan dengan mengkomodifikasi kecantikan yang ditayangkan dalam tayangan iklan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Karena menggunakan metode semiotika, maka penelitian ini merupakan bagian dari suatu bentuk analisis isi kualitatif secara deskriptif, yang menjadi tujuan utamanya ialah untuk melihat isi komunikasi yang tersirat. Metode menggunakan analisis semiotika model Charles Sanders Pierce untuk mengetahui secara detail komodifikasi kecantikan dalam iklan Wardah versi #LangkahBaikmuBerarti, dimana proses pembentukan makna semiotik bersifat intensional. Pada iklan Wardah versi #LangkahBaikmuBerarti telah terjadi proses komodifikasi konten media yang dapat dilihat dari bagaimana Wardah mengemas tayangan iklan tersebut dengan menjual pesan kepada khalayak yang bertemakan sosial dan islami dengan menyentuh emosional masyarakat. Wardah dengan iklannya ini turut mengkonstruksi sebuah nilai ideologi dimana perempuan cantik bukan cuma hanya yang memiliki tampilan fisik ideal seperti Dewi Sandra namun juga harus memiliki nilai kecantikan jiwa seperti sopan santun, ramah dan baik hati. Dalam setiap tayangan iklan, menurut Baudrillard selalu ada yang namanya simulasi yang menghadirkan hiperrealitas, hiperrealitas merupakan suatu potongan tanda yang dilebih-lebihkan agar iklan terlihat menarik dan berujung pada budaya konsumtif. Konsumtif yang berlebihan biasanya dilakukan oleh perempuan karena pengaruh dari simulasi, simulasi menciptakan suatu kesadaran semu yang dinilai nyata dari kenyataan, seperti halnya dalam iklan Wardah ini, Wardah menciptakan kesadaran bahwa perempuan harus memiliki kecantikan dari luar dan dalam diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 09 Dec 2021 08:26
Last Modified: 09 Dec 2021 08:26
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item View Item