Gusman, Devita (2021) EFEKTIVITAS CONFUCIUS INSTITUTE DALAM MEMBANGUN PEOPLE-TO-PEOPLE RELATIONS ANTARA TIONGKOK DAN MASYARAKAT MUSLIM MODERAT DI INDONESIA (STUDI KASUS: UNIVERSITAS AL AZHAR INDONESIA). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SATYA NEGARA INDONESIA.
Text
Skripsi Devita Gusman_Abstrak.pdf Download (1MB) |
|
Text
Skripsi Devita Gusman bab 1.pdf Download (773kB) |
Abstract
Indonesia yang terletak di Asia Tenggara memiliki posisi strategis terhadap keberlangsungan Tiongkok dalam menempuh cita cita untuk menciptakan tatanan internasional yang harmonis melalui soft power. Namun, hubungan Tiongkok dan Indonesia sempat mengalami kesalah pahaman dimulai pada tahun 1967 hingga 23 tahun perlahan lahan dilakukan normalisasi kembali. Meskipun hubungan tersebut perlahan membaik, image Tiongkok sebagai negara komunis yang buruk sulit dilupakan dan sudah melekat dalam ingatan masyarakat Indonesia. Tiongkok dan Indonesia melakukan kerjasama internasional dengan cara mendirikan sebuah lembaga bernama Confucius Institute di universitas islam. Pendirian Confucius Institute melalui diplomasi budaya dengan cara memperkenalkan budaya serta mengajarkan bahasa nya diharapkan dapat menjadi salah satu langkah Tiongkok menciptakan diplomasi publik untuk memperbaiki citra buruk yang telah melekat didalam dirinya dan dapat menjebatani hubungan antara people-to-people antar kedua masyarakat negara. Skripsi ini bertujuan untuk mencari sejauh mana efektivitas dari pendirian lembaga tersebut dengan analisis menggunakan kombinasi kualitatif dan kuantitatif dan jenis penelitian eksplanatif dengan teknik keabsahan data Credibility menggunakan metode Triangulasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Political Science > International relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1) |
Depositing User: | Tn Andrian Prayudho |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:34 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 03:34 |
URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/492 |
Actions (login required)
View Item |