PENGARUH PEMAHAMAN KURIKULUM, KOMPETENSI PEDAGOGIK, DAN SERTIFIKASI GURU TERHADAP KINERJA GURU SMK SWASTA KOTA TANGERANG SELATAN

Hamzah, Asep Amir (2022) PENGARUH PEMAHAMAN KURIKULUM, KOMPETENSI PEDAGOGIK, DAN SERTIFIKASI GURU TERHADAP KINERJA GURU SMK SWASTA KOTA TANGERANG SELATAN. Masters thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (4MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa (1) pengaruh pemahaman kurikulum terhadap kinerja guru, (2) pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru, (3) pengaruh sertifikasi guru terhadap kinerja guru, dan (4) pengaruh pemahaman kurikulum, kompetensi pedagogik dan sertifikasi guru terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitiannya. Data dikumpulkan dari 205 guru dari 511 guru SMK Swasta Kota Tangerang Selatan yang sudah sertifikasi. Data yang sudah dikumpulkan kemudian di analisis dengan metode analisi regresi liner serderhana dan analisi linier berganda dengan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) variabel pemahaman kurikulum (X1) berpengaruh positif secara parsial terhadap kinerja guru. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi X1 sebesar 38,4%, (2) variabel kompetensi pedagogik (X2) berpengaruh positif secara parsial terhadap kinerja guru. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi X2 sebesar 40,3%, (3) variabel sertifikasi guru (X3) berpengaruh positif secara parsial terhadap kinerja guru. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi X3 sebesar 46,6%, dan (4) variabel pemahaman kurikulum, kompetensi pedagogik dan sertifikasi guru secara Bersama-sama berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Hal ini ditunjukkan oleh nilai determinasi sebesar 58,8%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas memiliki kontribusi yang hampir sama terhadap kinerja guru, namun yang paling besar kontribusinya adalah sertifikasi guru. Pemerintah daerah dapat mengoptimalkan peran Dinas Pendidikan dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) untuk menjaga kualitas guru yang sudah bersertifikasi dengan melaksanakan program Uji Kompetensi Guru setiap tahun. Kemudian untuk satuan Pendidikan bisa mendorong guru-guru yang bersertifikasi malas untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam pendidikan dan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Management > Management (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pemasaran (S2)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:03
Last Modified: 15 Aug 2022 02:03
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/709

Actions (login required)

View Item View Item