Ababil, Gifarli M. (2022) REPRESENTASI KETIDAKADILAN GENDER DALAM ESAI RUANG MILIK SENDIRI KARYA VIRGINIA WOOLF (Analisis Wacana Kritis Model Sara Mills). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.
Text
bab 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (1MB) |
Abstract
Esai Ruang Milik Sendiri yang ditulis oleh Virginia Woolf merupakan salah satu karya yang menuangkan manifestasi ketidakadilan gender dalam bentuk esai kritik sastra. Pada judul Tiga esai Ruang Milik Sendiri memberikan gambaran perempuan yang diperlakukan berbeda, dan memberikan gambaran mengenai karakter perempuan dalam kehidupan nyata dengan perempuan dalam fiksi. Penelitian yang dilakukan oleh penulis menggunakan teori sudut pandang feminis yang memberikan penawaran mengenai kerangka kerja dalam memahami posisi relatif perempuan pada sistem kekuasaan. Teori sudut pandang feminis bertumpu pada lima asumsi yang dikonseptualisasikan. Penelitian yang dilakukan oleh penulis menggunakan paradigma kritis dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif, analisis wacana kritis model Sara Mills sebagai metode penelitian, observasi non-partisipan sebagai teknik pengumpulan data, dan subjek penelitian menggunakan potongan teks pada judul Tiga esai Ruang Milik Sendiri. Hasil penelitian yang didapatkan oleh penulis bahwa posisi perempuan memiliki keterkaitan hubungan antara peristiwa dan struktur sosial yang terdapat pada esai dengan penggunaan bahasa yang provokatif dan diskriminatif. Penelitian ini mendapatkan kesimpulan bahwa representasi ketidakadilan gender pada esai menggambarkan posisi perempuan sebagai objek dan mengalami ketidakadilan gender pada lingkungan sosialnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Sciences > Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Tn Andrian Prayudho |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 01:18 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 01:18 |
URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/1001 |
Actions (login required)
View Item |