Andrian, Soni (2017) ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA POSTER IKLAN SEPATU ADIDAS (VERSI FAKE HURTS REAL). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.
Text
abstrak.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan masalah pada pemaknaan poster iklan Adidas versi “Fake Hurts Real” yang menampilkan gambar sebuah kaki dengan menggunakan analisis semiotika. Analisis semiotika adalah ilmu yang mengkaji tanda dalam kehidupan manusia. Penelitian ini berjudul Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Poster Iklan Sepatu Adidas (Versi Fake Hurts Real). Tujuan peneliti mengangkat judul tersebut karena menurut peneliti iklan tersebut selain sebagai sarana promosi produk, pihak perusahaan juga menampilkan pesan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dalam panelitian ini peneliti memakai model Roland Barthes dengan teori semiotika atau semiotika Roland Barthes yang mengacu pada Saussure dengan menyelidiki hubungan antara penanda dan petanda pada sebuah tanda. Hubungan penanda dan petanda ini bukanlah equality (Menandakan kesamaan kedudukan), tetapi equivalen (hubungan atau kolerasia). Bukannya yang satu kemudia membawa yang lain, tetapi korelasilah yang menyatukan keduanya. Barthes dalam teori semiotika menggunakan pemaknaan konotasi (pemaknaan oleh diri pembaca yang bersifat subjektif). Terjadi saat tanda bertemu dengan perasaan atau emosi pembacanya serta nilai-nilai kebudayaan dan denotasi (makna yang paling nyata adanya hubungan antara petanda dan penanda) dalam menghubungkan antara petanda dan penanda. Selain itu, Barthes juga melihat aspek lain dari penanda yaitu “mitos” menurut Barthes terletak pada tingkat kedua penandaan, jadi setelah terbentuk sistem tanda, penanda-petanda, tanda tersebut akan menjadi penanda baru yang memiliki petanda kedua dan bentuk tanda baru. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan paradigma penelitian kontruktivisme yang memandang ilmu sosial sebagai analisis sistematis socially meaningful action, melalui pengamatan langsung terhadap perilaku sosial dalam setting yang alamiah, agar mampu memahami dan menafsirkan bagaimana perilaku sosial yang bersangkutan menciptakan dan memelihara dunia sosial mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Sciences > Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Tn Andrian Prayudho |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 07:19 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 07:19 |
URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/2271 |
Actions (login required)
View Item |