FENOMENA BUDAYA K-POP PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SATYA NEGARA INDONESIA

Hapsari, Karina Nur Eka (2018) FENOMENA BUDAYA K-POP PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SATYA NEGARA INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masuknya budaya baru Korea pop di Indonesia diterima secara terbuka oleh kaum remaja Indonesia, bahkan Budaya K-pop sangat digemari oleh mahasiswa USNI. Budaya Korea pop pun memiliki pengaruh yang besar dalam terjadinya degredasi atau penurunan jati diri generasi muda Indonesia. Fenomena Korea pop yang tejadi di Indonesia khususnya di Universitas Satya Negara Indonesia Korea pop mampu mempengaruhi cara berpikir mahasiswa USNI . Penelitian ini membahas tentang fenomena budaya Korea pop yang masuk ke Indonesia khusus pada mahasiswa USNI karena maraknya budaya populer saat ini yang membuat mahasiswa USNI menjadi lebih menggemari sisi budaya tersebut Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi oleh Edmund Hussel, merupakan metode untuk menjelaskan fenomena dalam kemurniannya. Fenomena adalah segala sesuatu yang dengan suatu cara tertentu tampil dalam kesadaran manusia, baik berupa sesuatu sebagai hasil rekaan maupun berupa sesuatu yang nyata, yang berupa gagasan maupun berupa kenyataan yang diciptakan oleh penggunaan bahasa dengan mengkonstruksi pengalaman-pengalaman mahasiswa USNI terhadap budaya Korea pop Hasil dari penelitian ini dengan adanya fenomena budaya Korea membuat mahasiswa USNI mengenal budaya baru yaitu budaya populer dan membuat mahasiswa USNI menggemari budaya tersebut hingga membuat perubahan-perubahan dalam gaya hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Sciences > Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:01
Last Modified: 30 Jan 2023 04:01
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/2332

Actions (login required)

View Item View Item