Makna Pesan Pada Iklan Gojek Versi “Cerdikiawan” di Youtube

Hermawan, Andhika Dwi (2021) Makna Pesan Pada Iklan Gojek Versi “Cerdikiawan” di Youtube. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
Skripsi Andhika Dwi Hermawan_ABSTRAK.pdf

Download (681kB)
[img] Text
Skripsi Andhika Dwi Hermawan_BAB I.pdf

Download (788kB)

Abstract

Pesan yang sebenarnya ingin disampaikan Gojek melalui iklan di youtube melalui kata “Cerdikiawan”, Gojek ingin mengajak masyarakat untuk menggunakan kecerdasan untuk bekerja, belajar, membayangkan, menggagas, dan menjawab persoalan tentang berbagai gagasan. Dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Penulisan ini akan memaparkan bagaimana makna pesan cerdikiawan pada makna denotasi, konotasi dan mitos. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan metode analisis pendekatan kualitatif analisis semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data primer dan Sekunder. Subjek penelitiannya adalah makna iklan Gojek versi “cerdikiawan” di youtube. Objek penelitiannya adalah iklan Gojek versi “cerdikiawan” di youtube berdurasi 60 detik pengumpulkan data berupa potongan visual dan narasi yang melengkapinya. Hasil penelitian yang didapatkan peneliti menunjukan bahwa Gojek ingin membangun mitos “cerdikiawan” yang disangkutkan dengan klaim atas perusahaannya sebagai aplikasi yang mudah, bisa didapat di mana saja dan kapan saja. Potongan adegan yang diperankan oleh beragam orang dari latar profesi dan sosial ekonomi yang berbeda menunjukkan bahwa Gojek adalah aplikasi yang dapat digunakan oleh siapa pun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Sciences > Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Nn Nilam Cahya
Date Deposited: 03 Feb 2023 08:38
Last Modified: 03 Feb 2023 08:38
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/2414

Actions (login required)

View Item View Item