Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN MEMILIH BEROBAT PADA RUMAS SAKIT UMUM BHAYANGKARA KOTA BOGOR

ANWAR, MUHAMAD (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN MEMILIH BEROBAT PADA RUMAS SAKIT UMUM BHAYANGKARA KOTA BOGOR. Masters thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (801kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (724kB)

Abstract

Tesis ini ditulis oleh Muhamad Anwar pada penelitian bulan Januari hingga April 2022., dengan judul “ Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pasien Memilih Berobat Pada Rumah Sakit Umum Bhayangkara Kota Bogor “. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan informasi berupa penjelasan yang lebih mendalam tentang Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pasien Memilih Berobat Pada Rumah Sakit Umum Bhayangkara Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif dan verifikatif dengan populasi dan sampel yang berjumlah 95 orang responden, pengolahan data dengan menggunakan aplikasi SPSS Versi 25. Hasil persamaan regresi yaitu Y = 0,848 + 0,509X1 + 0,072X2 + 0,121X3. Artinya jika tidak ada perbaikan kualitas pelayanan, harga dan fasilitas, maka keputusan pasien nilainya 0,848 satuan, dan jika kualitas pelayanan, harga dan fasilitas diperbaiki 1 satuan, maka akan berpengaruh terhadap keputusan pasien sebesar 0,509, 0,072 dan 0,121 satuan, sehingga nilai lKeputusan Pasien dalam penelitian ini adalah 0,848 + 0,509 + 0,072 + 0,121 = 1,550 satuan. Dari hasil uji F menunjukan bahwa nilai F hitung sebesar 173,867 > F tabel sebesar 2,70 dengan tingkat signifikan 0,00 < 0,05. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas pelayanan, harga dan fasilitas terhadap keputusan pasien atau secara simultan (bersama-sama) antara variabel kualitas pelayanan, harga dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pasien, sehingga H0 ditolak dan H4 diterima. Dari hasil uji t diperoleh nilai t hitung untuk kualitas pelayanan (X1) yaitu nilai t hitung lebih besar dari t tabel (13,459 > 1,98638) dan nilai taraf signifikan dibawah 0,05 yaitu 0,000. Sedangkan untuk variabel harga (X2) yaitu nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (1,646 < 1,98638) dan nilai taraf signifikan diatas 0,5 yaitu 0,103. Sedangkan untuk variabel fasilitas (X3) yaitu nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,741 > 1,98638), yang artinya variabel Kualitas Pelayanan secara parsial memiliki hubungan signifikan dengan Keputusan Pasien, variabel Harga secara parsial tidak memiliki hubungan signifikan dengan Keputusan Pasien dan variabel Fasilitas secara parsial memiliki hubungan signifikan dengan Keputusan Pasien.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Social Sciences > Commerce
Management > Management (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pemasaran (S2)
Depositing User: Tn Satrio Wibowo
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:53
Last Modified: 06 Oct 2023 03:53
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3554

Actions (login required)

View Item View Item