PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN, MEDIA ELEKTRONIK DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN YADIKA TEGAL ALUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SINAGA, OPEN HASIHOLAN (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN, MEDIA ELEKTRONIK DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN YADIKA TEGAL ALUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
bab 1.pdf

Download (259kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (565kB)

Abstract

Belajar adalah suatu proses yang dapat mengubah pola pikir, karakter, cara pandang, pengetahuan, keterampilan dan dapat menggali dan mengembangkan ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Misi dari proses belajar yang baik dan metode yang baik penggunaan media elektronik yang baik dan kompetensi guru yang baik adalah untuk mendapatkan hasil belajar yang baik sesuai dengan harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran, media elektronik, kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa. Tempat penelitian adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yadika Tegal Alur, waktu penelitian bulan Maret sampai Mei 2023 tahun pelajaran 2022/2023, dengan populasi adalah siswa dan guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yadika Tegal Alur, pemilihan jumlah sampel dengan menggunakan teori Taro, dilakukan secara acak dan metode yang digunakan adalah survey dengan menyebarkan isisan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik uji-t, Ho diterima jika thitung<ttabel dan Ho ditolak jika thitung > ttabel dan uji-F, Ho diterima jika Fhitung<Ftabel dan Ho ditolak jika Fhitung > Ftabel. pengolahan analisi data dengan menggunakan program SPSS 16.00. Hasil uji instrument validitas kuesioner Hasil Belajar siswa rhitung>rtabel adalah 0.482 > 0.254 dengan demikian instrumen dinyatakan Valid dan layak digunakan, Model pembelajaran rhitung>rtabel adalah 0.735 > 0.254 dengan demikian instrumen dinyatakan Valid dan layak digunakan. Media Elektronik rhitung>rtabel adalah 0.802 > 0.254 dengan demikian instrumen dinyatakan Valid dan layak digunakan, Kompetensi Guru rhitung>rtabel adalah 0.805 > 0.254 dengan demikian instrumen dinyatakan Valid dan layak digunakan. Pengujian Hipotesis pengaruh Model pembelajaran diperoleh koefisien determinasi sebesar 69.1%, Media Elektronik diperoleh koefisien determinasi sebesar 55%, Kompetensi Guru diperoleh koefisien determinasi sebesar 58.4%, secara Bersama-sama adalah 75.1%. dari hasil penelitian dan jawaban hipotesis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran, media elektronik dan kompetensi guru yang baik dapat mempengaruhi hasil belajar siswa yang semakin baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Management > Management (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Management SDM (S2)
Depositing User: Tn Satrio Wibowo
Date Deposited: 06 Oct 2023 04:30
Last Modified: 06 Oct 2023 04:30
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3569

Actions (login required)

View Item View Item