Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

PERGESERAN BUDAYA PADA PERAN LAKI-LAKI DALAM PEMBELIAN PEMBALUT WANITA IKLAN LAURIER ACTIVE DAY

Sabili, Muhammad Ichsan (2023) PERGESERAN BUDAYA PADA PERAN LAKI-LAKI DALAM PEMBELIAN PEMBALUT WANITA IKLAN LAURIER ACTIVE DAY. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
SKRIPSI FULL_Muhammad Ichsan Sabili_190900040_bab 1.pdf

Download (173kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL_Muhammad Ichsan Sabili_190900040_abstrak.pdf

Download (303kB)

Abstract

Saat ini ketidakpedulian dalam pembelian pembalut Iklan Laurier Active Day berusaha menghilangkan stigma tabu, sekarang ketidakpedulian masyarakat yang ada menimbulkan stigma tabu akan urusan menstruasi khususnya banyak laki-laki yang merasa malu ketika membelikan pembalut untuk pasangan tersayang, begitu-pun perempuan masih enggan untuk mengungkapkan bahwa mereka sedang masa menstruasi, baik laki-laki maupun perempuan keduanya masih menganggap tabu hal-hal seputar menstruasi. Tujuan penulis ingin mencari pada Iklan Laurier Active Day melibatkan pergeseran budaya pada peran laki-laki dalam pembelian pembalut wanita. Penelitian ini yang menggunakan Teori Standpoint sudut pandang laki-laki dalam pembelian pembalut wanita dan sudut pandang pada Iklan Laurier Active Day yang diperankan oleh laki-laki yang dimana terdapat pergeseran budaya dalam sudut pandang seseorang berbeda-beda mengenai pembalut yang lebih bersifat tabu dan sensitif pada area kemaluan wanita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, Paragdima Konstruktivisme, dan metode analisis Fenomenologi Levinas dengan pengumpulan data melalui teknik analisis data melalui wawancara Key Informant dan Informant. Subjek pada penelitian ini adalah Iklan Laurier Active Day atau PT.KAO dan mencari seseorang laki-laki yang membeli pembalut untuk seorang terkasihnya. Hasil penelitian yang peneliti dapatkan masih terdapat laki-laki yang membeli pembalut merasa malu. Di sisi lain, terdapat sudut pandang seseorang terkait pembelian pembalut ingin menjadi pioner dalam di kehidupannya karena banyak yang menganggap menstruasi tidak pernah dialami oleh laki-laki sehigga perlu harus lebih peduli walaupun pembelian tersebut dan masih menanggap tabu Kesimpulan pada penelitian ini laki-laki yang kurang mendapatkan edukasi serta pengetahuan tentang hal bersifat tabu dan sensitif, sehingga masih kurang kepedulian terkait pembelian pembalut pada wanita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 06 Oct 2023 06:59
Last Modified: 06 Oct 2023 06:59
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3576

Actions (login required)

View Item View Item