RANCANG BANGUN SISTEM PRESENSI SISWA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FINGERPRINT (Studi Kasus: Madrasah Al-Karimiyah)

Fadhillah, Farhan (2024) RANCANG BANGUN SISTEM PRESENSI SISWA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FINGERPRINT (Studi Kasus: Madrasah Al-Karimiyah). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text (Abstrak)
Farhan Fadhilah - 1900100011_abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (5MB)
[img] Text (BAB 1)
Farhan Fadhilah - 1900100011_bab 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (5MB)

Abstract

Presensi merupakan suatu hal yang penting dalam mengelola kehadiran siswa di lingkungan pendidikan. Namun, masih banyak sekolah masih menggunakan sistem presensi atau absensi secara manual dan memakan waktu. Melakukan rekapitulasi dengan manual terjadinya kesalahan yang diakibatkan oleh manusia. Di Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah sistem presensi siswa berbasis web menggunakan teknologi fingerprint. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan sistem berbasis prototipe. Menggunakan metode prototipe yang sesuai dengan penelitian ini, karena diperlukan untuk merancangan sekaligus melakukan evaluasi pada sistem alat. Sistem yang dihasilkan memanfaatkan teknologi fingerprint sebagai metode otentikasi, memastikan keakuratan dan keamanan presensi siswa. Selain itu, sistem ini dikembangkan dengan antarmuka web yang responsif, memudahkan akses dan pengelolaan data presensi bagi pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem presensi berbasis web menggunakan fingerprint mampu meningkatkan efisiensi, akurasi, dan keamanan dalam proses pencatatan kehadiran siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Technology > Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 08 Mar 2024 08:31
Last Modified: 08 Mar 2024 08:31
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3760

Actions (login required)

View Item View Item