ANALISA DAN IMPLEMENTASI METODE K-MEANS UNTUK CLASTERISASI PRODUK TERLARIS (STUDI KASUS PT AUTOLIV INDONESIA)

Suciati, Wahyu (2024) ANALISA DAN IMPLEMENTASI METODE K-MEANS UNTUK CLASTERISASI PRODUK TERLARIS (STUDI KASUS PT AUTOLIV INDONESIA). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
BAB I-WAHYU SUCIATI-190100116.pdf

Download (89kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI-190100116.pdf

Download (343kB)

Abstract

Hampir semua alat transportasi mempunyai alat keamanan. Seperti PT Autoliv Indonesia memproduksi berbagai produk otomotif, termasuk sistem pengendalian keamanan, sistem pengendalian pengemudi, dan sistem pengendalian kemudi. Untuk mengetahui pengembangan penjualan dan menimilisir penumpukan serta kekurangan bahan baku dilakukanlah pendalaman dengan menggunakan metode Algoritma K-Means dengan studi pendahuluan melalui observasi, wawancara dan studi pendahuluan. Hasilnya adalah implementasi data mining dari kelompok jenis barang yang paling diminati maupun sebaliknya. Maka, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang paling banyak jumlah cluster yang optimal adalah dua cluster. Dari 46 jenis data produk, ditemukan 27 produk di cluster 1 dan 19 produk masuk cluster 2. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode k-means clustering dalam mengelompokkan penjualan alat keselematan kemudi untuk mengetahui pengelompokan minat konsumen terhadap suatu produk alat keselamatan yang diproduksi oleh perusahaan. Hal ini diharapkan agar penelitian ini dapat bermanfaat bagi perusahaan dan sebagai referensi penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Technology > Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Tn Satrio Wibowo
Date Deposited: 19 Mar 2024 12:26
Last Modified: 19 Mar 2024 12:26
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3771

Actions (login required)

View Item View Item