IZZAH, ISMI FIRDATUL (2024) ANALISIS POLA PEMBELIAN PRODUK MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS: TOKO AYU KOSMETIK). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.
Text
Ismi Firdatul 'Izzah - 201000019 cover.pdf Download (303kB) |
|
Text
Ismi Firdatul 'Izzah - 201000019 bab 1.pdf Download (127kB) |
Abstract
Penentuan tata letak produk merupakan salah satu faktor penting dalam strategi penjualan pada sebuah perusahaan. Penentuan tata letak produk pada Toko Ayu Kosmetik saat ini tidak menggunakan strategi khusus. Kurangnya strategi dalam penempatan produk ini membuat konsumen kesulitan menemukan barang yang mereka cari, sehingga mengurangi peluang pembelian impulsif. Oleh karena itu diperlukan proses data mining untuk mengolah data yang besar pada data transaksi penjualan Toko Ayu Kosmetik untuk menemukan pola pembelian dan mengoptimalkan penentuan tata letak produk yang dilakukan dengan mengolah sampel data pada periode Januari 2022 sampai Desember 2023 menggunakan algoritma apriori untuk menemukan aturan asosiasi dari pembelian produk yang sering dibeli secara bersama-sama. Bentuk penambangan data tersebut diolah menggunakan aplikasi yang dibangun dengan metode pengembangan waterfall yang menghasilkan interpretasi dari aturan asosiasi hasil analisis data mining yang hasilnya sesuai antara aplikasi penambangan data yang telah dikembangkan dengan perhitungan manual. Dengan penambangan data ini diharapkan menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk membantu penentuan tata letak produk pada Toko Ayu Kosmetik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | System Information |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Tn Satrio Wibowo |
Date Deposited: | 01 Sep 2024 11:18 |
Last Modified: | 01 Sep 2024 11:18 |
URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3884 |
Actions (login required)
View Item |