Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

ANALISIS TEKS PEMBERITAAN MEDIA PADA REALITAS PEMILU 2024 DI HARIAN KOMPAS DAN MEDIA INDONESIA

PUTRA, RAIHAN ANDHIKA (2024) ANALISIS TEKS PEMBERITAAN MEDIA PADA REALITAS PEMILU 2024 DI HARIAN KOMPAS DAN MEDIA INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
Raihan Andhika Putra - 200900034 (ABSTRAK).pdf

Download (3MB)
[img] Text
Raihan Andhika Putra - 200900034 (BAB 1).pdf

Download (5MB)

Abstract

Di tengah kontestasi politik yang memanas, media massa sebagai pilar demokrasi, memainkan peran vital, Pemberitaan media tentang berbagai isu Pemilu 2024 dapat memengaruhi opini publik dan bahkan jalannya kontestasi politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis wacana kritis pada pemberitaan PEMILU 2024 di Harian Kompas dan Media Indonesia, serta memahami hubungan teori ekonomi dan politik media dalam media massa dengan mengetahui dan memahami makna implisit dalam wacana teks berita. Peneliti menggunakan Harian Kompas dan Media Indonesia sebagai subjek penelitian. Data tersebut akan dianalisis menggunakan Model Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk untuk mengungkap bagaimana media massa membangun narasi seputar PEMILU 2024, serta sejauh mana keberpihakan atau kenetralan mereka dalam pemberitaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan ideologi media tercermin secara sistematis dalam praktik wacana mereka. Wacana yang dibangun oleh Harian Kompas selalu menampilkan pemberitaan yang mendukung pemerintah dan menggambarkan Pemilu 2024 yang aman. Sedangkan Media Indonesia mengalami perubahan wacana, yang sebelumnya menggambarkan kesejukan dan penggambaran baik pemerintah, namun berubah menjadi media yang mengkritisi pemerintah. Berdasarkan kognisi sosial wartawan, dalam setiap penulisan selalu tidak terlepas dari kebijakan-kebijakan redaksional yang ditentukan oleh Harian Kompas dan Media Indonesia, dan juga pengaruh dari pemilik modal. Sedangkan dalam konteks sosial, kedua media ini menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti ekonomi politik media, kepemilikan media, hubungan dengan kekuasaan, sumber pendanaan, orientasi pasar, dan tekanan eksternal dapat memengaruhi independensi dan keberpihakan media dalam pemberitaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Satrio Wibowo
Date Deposited: 23 Sep 2024 16:14
Last Modified: 23 Sep 2024 16:14
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3965

Actions (login required)

View Item View Item