Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

KOMODIFIKASI POPULARITAS RAYYANZZA DALAM IKLAN CESSA PADA AKUN YOUTUBE @CESSAOFFICIAL

Maharani, Talisa Valenia (2024) KOMODIFIKASI POPULARITAS RAYYANZZA DALAM IKLAN CESSA PADA AKUN YOUTUBE @CESSAOFFICIAL. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
Talisa Valenia Maharani_190900011 (ABSTRAK).pdf

Download (4MB)
[img] Text
Talisa Valenia Maharani_190900011 (BAB 1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Komodifikasi Popularitas Rayyanza Dalam Iklan Cessa Pada Akun Youtube @Cessaofficial. Iklan cessa memanfaatkan Rayyanza sebagai objek komoditas untuk menarik perhatian penonton sehingga meraih keuntungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya komodifikasi anak yang ditampilkan pada iklan cessa. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori simulakra yang dicetuskan oleh Jean Baudrillard, yang digunakan untuk menghubungkan penggambaran dan penjabaran permasalahan yang terdapat pada scene iklan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, paradigma kritis dan metode semiotika John Fiske yang dimana dalam semiotik tersebut terdapat tiga level yakni; level realitas, level representasi dan level ideologi melalui teknik analisis data melalui potongan gambar atau scene dalam iklan tersebut. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat adanya bentuk komodifikasi. Dengan mempekerjakan anak menampilkan kepolosan, kelucuan dan ekspresi anak yang menggemaskan secara terus-menerus dalam iklan tersebut, agar iklan tersebut menjadi menarik untuk ditonton banyak audiens. Sehingga dapat memancing emosi audiens merasa gemas pada objek anak. Ini juga tidak lepas dari ideologis kapitalis bahwa dengan menggunakan objek anak dapat menarik perhatian banyak audiens oleh karena itu para audiens jadi tertarik untuk membeli juga menggunakannya. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terbukti didalam iklan dikemas untuk menghasilkan iklan yang biasa biasa saja menjadi menarik dengan cara menjadikan unsur anak dalam tayangan sebagai komoditas yang ditawarkan kepada penonton. Komoditas ini menjadi lebih mudah untuk menarik para penonton youtube demi melihat kelucuan anak yang ada dalam iklan cessa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Satrio Wibowo
Date Deposited: 23 Sep 2024 16:56
Last Modified: 23 Sep 2024 16:56
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3968

Actions (login required)

View Item View Item