Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

RESEPSI KHALAYAK PADA CAMPAIGN MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN #AJINOMOTOHEALTHPROVIDER INSTAGRAM @PANDAWARAGROUP

Gumilang, Surya (2024) RESEPSI KHALAYAK PADA CAMPAIGN MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN #AJINOMOTOHEALTHPROVIDER INSTAGRAM @PANDAWARAGROUP. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text (Abstrak)
Surya Gumilang - 200900056 (ABSTRAK).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text (BAB 1)
Surya Gumilang - 200900056 (BAB 1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis resepsi khalayak terhadap kampanye menjaga kelestarian lingkungan yang dilakukan oleh @pandawaragroup di Instagram dengan tagar #AjinomotoHealthProvider. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi resepsi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan diskusi kelompok terfokus (Focus Group Discussion). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis resepsi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan diskusi kelompok terfokus (Focus Group Discussion) dengan sembilan informan yang berbeda latar belakang sosial dan budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa khalayak memiliki berbagai macam pemahaman dan interpretasi terhadap pesan kampanye yang disampaikan. Mayoritas responden memahami dan mendukung kampanye ini karena dianggap memberikan kontribusi positif terhadap kelestarian lingkungan. Namun, ada juga responden yang skeptis terhadap efektivitas kampanye tersebut. penelitian ini juga menemukan adanya tantangan dalam menjangkau khalayak dengan status ekonomi rendah yang mungkin kurang berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan. Oleh karena itu, kampanye ini disarankan untuk memperluas jangkauan ke segmen khalayak yang lebih beragam dan merancang strategi komunikasi yang lebih efektif Kesimpulan dari penelitian ini bahwa media sosial, khususnya Instagram, efektif digunakan sebagai sarana kampanye lingkungan, meskipun terdapat tantangan dalam mengubah perilaku khalayak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 30 Sep 2024 06:33
Last Modified: 30 Sep 2024 06:33
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4060

Actions (login required)

View Item View Item