SAKTI, HUSAINI (2024) RESEPSI KHALAYAK EKSPRESI GAYA FEMININ AKUN INSTAGRAM @Agungkarmalogy. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SATYA NEGARA INDONESIA.
Text (ABSTRAK)
HUSAINI SAKTI(ABSTRAK) - 200900002.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
|
Text (BAB 1)
HUSAINI SAKTI(BAB 1) - 200900002.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ekspresi gaya feminin pada media sosial, khususnya melalui akun Instagram @Agungkarmalogy. Akun ini menjadi platform bagi Agung Karmalogy untuk menampilkan identitas gender yang unik, menarik perhatian audiens dengan berbagai tanggapan yang berbeda. Media sosial, terutama Instagram, memungkinkan ekspresi diri yang lebih bebas dan beragam. Dalam penelitian ini, teori resepsi Stuart Hall digunakan sebagai landasan konseptual. Teori ini menekankan pada pemaknaan pesan oleh audiens, yang tidak selalu sejalan dengan maksud pembuat pesan. Audiens dipandang sebagai penerima aktif yang mampu menafsirkan dan bahkan menolak pesan berdasarkan konteks mereka sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada sembilan informan yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Para informan ini memberikan perspektif yang beragam, memungkinkan pemahaman yang komperhensif tentang resepsi khalayak. Hasil penelitian menunjukan bahwa ekspresi gaya feminin pada akun intagram @Agungkarmalogy diterima dengan berbagai macam resepsi oleh khalayak. Beberapa informan menunjukan penerimaan positif, melihatnya sebagai bentuk kebebasan berekspresi dan tantangan terhadap stereotip gender. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa audiens tidak bersifat pasif dalam menerima konten media sosial. Mereka aktif dalam menafsirkan dan mengevaluasi pesan berdasarkan pengalaman dan nilai-nilai pribadi mereka. Studi ini menegaskan pentingnya memahami audiens sebagai agen kultural yang kompleks dalam konteks media digital.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Comunication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Nn Nilam Cahya |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 08:45 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 08:45 |
URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4090 |
Actions (login required)
View Item |