Wijaya, Ivan Giovedi (2023) MAKNA DAN ALUR CERITA IKLAN MARJAN VERSI BARUNA SANG PENJAGA SAMUDRA. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.
Text
Ivan Giovedi Wijaya bab 1.pdf Download (286kB) |
|
Text
Ivan Giovedi Wijaya abstrak.pdf Download (587kB) |
Abstract
Marjan merupakan merk minuman yang sangat terkenal di Indonesia, dimana setiap bulan Ramadhan tiba, Marjan selalu memproduksi iklan yang memiliki alur cerita yang dibagi menjadi dua bagian atau lebih. Hal ini terus dilakukan oleh Marjan secara konsisten, Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah Teori Konstruksi Pesan oleh Peter L Berger, landasan konseptualnya terdiri dari Teori Semiotika oleh Roland Barthes, komunikasi, komunikasi massa, alur cerita dan iklan. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif, paradigma konstruktivis, metode penelitian konstruksi pesan dan semiotika model Roland Barthes, penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi dokumentasi, web surfing dan diskusi Hasil penelitian ini menunjukan bahwa iklan ini mengandung pesan pentingnya kesatuan, kerjasama, dan tanggung jawab dalam menghadapi masalah lingkungan, serta hubungan positif produk Sirup Marjan dengan semangat dan kemenangan. Konstruksi pesan dalam iklan ini tersampaikan dengan baik dan pada akhir iklan akan lebih baik jika ditambahkan adegan dimana warga menyadari ketidak pedulian mereka terhadap lingkungan dan mulai merubah kebiasaan buruk mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Comunication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Tn Satrio Wibowo |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 13:11 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 13:11 |
URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4170 |
Actions (login required)
View Item |