Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

PENGARUH PUBLIKASI KONTEN “PLN PEDULI” DIINSTAGRAM @ui_p2b TERHADAP CITRA PT PLN (PERSERO) UIP2B JAMALI

Istianah, Ismi (2023) PENGARUH PUBLIKASI KONTEN “PLN PEDULI” DIINSTAGRAM @ui_p2b TERHADAP CITRA PT PLN (PERSERO) UIP2B JAMALI. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
Ismi Istiana abstrak.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ismi Istiana bab 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh isu pemberitaan negatif PLN yang menyoroti salah satu unit PT PLN (Persero) Batam tentang pemadaman listrik pada periode Januari – Mei 2023. Adanya pemberitaan negatif terhadap suatu perusahaan juga akan berdampak pada unit atau cabang lainnya. Pada konteks tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh publikasi konten “PLN Peduli” pada akun Instagram @ui_p2b terhadap citra PT PLN (Persero). Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori terpaan media yang dikembangkan oleh Rendra Widayatama berfokus pada landasan konseptual mempelajari pengaruh dari media massa atas individu serta khalayak secara umum. Selain itu, teori SOR menjadi pedoman dalam penelitian saat ini sebagai sarana dalam memperkuat setiap proses efek media terhadap individu yang harus diawali dengan perhatian atau terpaan oleh beberapa pesan pada media. Pendekatan kuantitatif eksplanatif dengan paradigma positivistik serta metode survei diterapkan pada penelitian saat ini. Teknik purposive sampling menjadi sarana dalam menentukan sempel dengan kriteria merupakan followers Instagram @ui_p2b dan warga disekitar Unit dari UIP2B JAMALI. Teknik pengumpulan data dilakukan secara daring dengan bantuan Google Form. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh publikasi konten CSR “PLN Peduli” pada akun Instagram @ui_p2b terhadap citra PT PLN (Persero) UIP2B JAMALI sebesar 66,6% sedangkan untuk sisanya 33,4% dipengaruhi faktor lain diluar penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa adanya pengaruh yang kuat antara pengaruh publikasi konten CSR “PLN Peduli” pada akun Instagram @ui_p2b terhadap citra PT PLN (Persero) UIP2B JAMALI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Satrio Wibowo
Date Deposited: 04 Nov 2024 13:11
Last Modified: 04 Nov 2024 13:11
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4171

Actions (login required)

View Item View Item