Wicaksono, Laurentius Aditya Bhagas (2025) ANALISA RESEPSI YOUTUBE CHANNEL SO SO GOOD COFFEE COMPANY DALAM KONTEN “MAGIC LATTE!! NIHH CARA BIKINNYA!”. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.
![]() |
Text
Laurentius Aditya Bhagas Wicaksono - 230970002 (ABSTRAK).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Laurentius Aditya Bhagas Wicaksono - 230970002 (BAB 1).pdf Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan media digital mengubah masyarakat mengakses informasi. YouTube sebagai platform video berperan membentuk tren serta edukasi di berbagai industri. Kanal YouTube yang aktif dalam edukasi kopi di Indonesia adalah So So Good Coffee Company, Kanal ini menyajikan konten edukatif mengenai kopi, termasuk video "Magic Latte!! Nihh Cara Bikinnya!" yang menjadi objek penelitian ini. Video tersebut menuai beragam respons dari audiens. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana audiens menafsirkan dan menerima konten yang disajikan melalui YouTube. Penelitian ini menggunakan metode analisis resepsi berdasarkan Stuart Hall, yang mengkategorikan pemaknaan audiens ke dalam Dominant-Hegemonic Position, Negotiated Position, dan Oppositional Position dengan pendekatan kualitatif deskriptif Data di kumpulkan dengan teknik Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara mendalam kepada audiens dengan latar belakang beragam, termasuk barista profesional, pengusaha, pekerja kantoran, komunitas kopi, serta generasi muda yang aktif di media sosial yang memiliki rentang usia 25-35 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audiens dari latar belakang kopi profesional cenderung berada dalam Negotiated Position. Audiens umum, terutama yang baru mengenal kopi, berada dalam Dominant-Hegemonic Position. Namun, terdapat juga audiens dalam Oppositional Position yang mengkritik tren Magic Latte sebagai sekadar rebranding dari metode pembuatan kopi yang sudah ada. Penelitian ini menegaskan YouTube berperan sebagai media edukasi efektif dalam industri kopi, namun perbedaan latar belakang audiens mempengaruhi cara mereka memahami suatu konten. Oleh karena itu, pembuat konten di industri kopi disarankan menggunakan pendekatan komunikasi yang lebih inklusif, menyajikan konten yang berbasis riset, serta berinteraksi dengan audiens untuk memperkaya pemahaman dan kredibilitas informasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Comunication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Ny Amrita Dyah Lestari |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 03:48 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 03:48 |
URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4204 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |