Guru, Elisabet (2025) PENGARUH NILAI KEPERCAYAAN BRAND AMBASSADOR @PADUPADATENUN TERHADAP LIFESTYLE PENGGUNAAN KAIN ADAT PADA GEN Z. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.
![]() |
Text
ELISABET GURU - 200900102 (ABSTRAK).pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
ELISABET GURU - 200900102 (BAB 1).pdf Download (5MB) |
Abstract
Kain tenun NTT adalah warisan budaya bernilai tinggi yang terancam karena kurangnya pemahaman. Generasi Z mengadaptasinya dengan gaya modern, didorong oleh media sosial dan brand ambassador. Tren fashion dan gaya hidup meningkatkan apresiasi, tetapi pembelian tetap dipengaruhi oleh preferensi dan ekonomi. Teori yang digunakan yaitu VALS (Value and Lifestyle) yang pertama kali diperkenalkan oleh Arnold Mitchell pada tahun 1987. Mitchell, seorang peneliti dari perusahaan riset internasional SRI (Stanford Research International), merancang VALS untuk membantu perusahaan memahami konsumen mereka dengan lebih baik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif, paradigma positivistik, metode survei, dan penelitian bersifat eksplanatif. Pengumpulan data dengan purposive sampling menggunakan populasi pengikut atau follower Instagram sebanyak 28.200 (28,2 ribu) Followers dan sampelnya 99 orang. Penelitian ini membahas pengaruh kepercayaan terhadap Brand Ambassador memengaruhi gaya hidup Gen Z dalam menggunakan kain adat. Bryan Domani berpengaruh positif dan signifikan, sementara Prilly Latuconsina tidak. Efektivitasnya ditentukan oleh kredibilitas, daya tarik, dan keterlibatan emosional, bukan sekadar popularitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Comunication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Ny Amrita Dyah Lestari |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 02:46 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 02:46 |
URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4210 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |